BeritaDaerahNasionalPendidikan

Tahun Ini, UBB Buka Jalur Mandiri Talenta Unggul Daerah, Dijamin Bebas UKT Hingga Selesai

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Universitas Bangka Belitung (UBB) membuka kesempatan bagi Putra/Putri asli daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk dapat masuk ke UBB melalui jalur khusus yakni Jalur Mandiri Talenta Unggul Daerah.

Diketahui, program ini baru dimulai sejak tahun 2024, dimana nantinya UBB menyiapkan kuota sebanyak 27 orang atau masing-masing Program Studi (Prodi) sebanyak 1 (satu) orang saja.

Jalur Mandiri Talenta Unggul Daerah ini juga hanya diperuntukkan bagi Putra/Putri berprestasi di berbagai bidang, seperti bidang Akademik yang berprestasi di Nasional, Olimpiade minimal tingkat Nasional, MTQ ditingkat Nasional, yang memiliki pengalaman pertukaran pelajar tingkat nasional, Hafiz Qur’an yang hafal Al Qur’an sebanyak 5-10 Juz.

Demikian hal ini disampaikan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Nizwan Zuhri, ketika menggelar press conference, di Fakultas Kedokteran UBB, Selasa (26/03/2024).

“Jalur talenta unggul daerah ini kita juga akan menerima mahasiswa berprestasi, satu orang per prodi, misalnya berprestasi di bidang akademik, termasuk hafidz Alquran, tapi kita tetap lihat portofolionya ya,” ungkap Nizwan.

Diterangkan Nizwan, secara garis beras persyaratan untuk mengikuti Jalur Mandiri Talenta Unggul Daerah cukup simpel, cukup memiliki KTP ataupun berdomisili di Provinsi Kep Babel.

Namun untuk rincinya, lanjut Nizwan, akan diterangkan dan disosialisasikan ketika Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) selesai dilaksanakan.

“Ketika nanti SNBT selesai, baru nanti diperkenankan untuk disampaikan rincinya, baru kami akan melakukan sosialisasinya,” jelasnya.

Pihak UBB juga memastikan, bahwa seluruh Uang Kuliah Tahunan (UKT) bagi calon mahasiswa yang lolos melalui Jalur Mandiri Talenta Unggul Daerah akan gratis hingga pendidikan kuliahnya selesai.

“Mereka sekarang sudah bisa menyiapkan diri dan yang mengikuti jalur ini mereka bersaingnya tidak sebanyak jalur SNBP dan Istimewanya tidak perlu membayarkan uang kuliah,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *