BeritaDaerahNasionalPendidikan

3.232 Peserta Ikuti UTBK-SNBT di UBB, Panitia Terapkan Pemeriksaan Berlapis

Bagikan Berita

BALUNIJUK,BERITACMM.COM

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Pusat UTBK Kampus Terpadu UBB Panitia lakukan pemeriksaan berlapis dan peserta UTBK wajib mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan, salah satunya membawa berkas yang diperlukan.

Pengamanan berlapis ini menjadi salah satu upaya Panitia dalam meminimalisir pencegahan kecurangan. 

Humas UBB menjelaskan, untuk menghindari perjokian pihaknya juga memeriksa peserta sebelum masuk ruangan dengan metal detector untuk mendeteksi adanya logam yang dibawa oleh peserta ke dalam ruangan, serta dilakukan verifikasi kelengkapan berkas peserta dan memastikan yang mengikuti tes UTBK yang bersangkutan atau bukan.

“Sebelum masuk ruangan panitia menempatkan para peserta diruang tunggu berdasarkan nomor urut kursi UTBK. Kemudian Panitia yang dibantu Pengamanan Kampus melakukan pemeriksaan dengan metal detector, serta mengecek data kelengkapan masing-masing peserta. Pada saat memasuki ruang UTBK hal yang sama dilakukan pemeriksaan kembali. Pengamanan berlapis ini kami lakukan, untuk memastikan proses UTBK betul-betul terhindar dari kecurangan.” kata Agus, selaku Humas UBB.

Proses pemeriksaan pertama dengan menggunaan metal detektor diruang tunggu, proses pemeriksaan kedua saat akan memasuki ruang tes UTBK-SNBT.

UBB sendiri telah memfasilitasi 2 lokasi tempat pelaksanaan UTBK SNBT 2024, yakni Pusat UTBK yang berada di Kampus Terpadu UBB Pangkalpinang dan Sub UTBK di SMKN 1 Tanjung Pandan.

Proses pelaksanaan ujian dalam sehari terbagi jadi 2, sesi pertama dimulai pada pukul 06, 45 WIB, dan sesi kedua pukul 12.30 WIB.

Panitia UTBK –SNBT UBB telah menyiapkan 8 ruang lab komputer dengan kapasitas sejumlah 240 orang untuk pelaksanaan di Pusat UTBK Kampus Terpadu UBB dan 4 ruang lab komputer kapasitas sejumlah 105 orang untuk pelaksanaan di Sub UTBK SMKN 1 Tanjung Pandan.

“Pelaksanaan UTBK dalam satu hari di laksanakan 2 sesi (pagi dan sore), dengan total peserta 480 di Kampus Terpadu UBB dan 210 peserta untuk di SMKN 1 Tanjung Pandan,” terang Agus.

Lebih lanjut, Dia menambahkan, jumlah yang mendaftar UTBK SNBT di UBB total sebanyak 3.232 orang, terbagi menjadi 2.640 orang yang akan mengikuti UTBK di Kampus Terpadu UBB Pangkalpinang, dan sebanyak 592 orang yang akan mengikuti tes UTBK di SMKN 1 Tanjung Pandan.

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *