BeritaDaerahNasionalPemerintahanPendidikan

Besok, Dindik Babel Gelar Lomba Kompetensi Siswa, 24 Cabang Kompetensi Siap Dipertandingkan

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menggelar lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat Provinsi, dengan mempertandingkan total 24 cabang kompetensi. 

Kegiatan LKS ini akan mulai dilaksanakan pada Selasa (11/06/2024) besok, dan akan berakhir pada Jumat (14/06/2024) nanti, di halaman Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung. 

Ketika dikonfirmasi, Kepala Bidang SMK Dindik Babel, Saiful Bakhri mengatakan, bahwa ajang ini bertujuan untuk memotivasi para pelajar untuk terus mengembangkan kemampuan dan kompetensinya.

“LKS ini jadi ajang untuk menonjolkan sisi kompetensi skill anak, ini berjenjang dari tingkat Kabupaten Kota hingga internasional,” ujar Saipul Bakhri, Senin (10/6/2024).

Diketahui, ajang LKS ini akan mempertandingkan berbagai kompetisi seperti teknologi desain grafis, teknologi mode, teknik gambar bangunan, teknologi keamanan siber, instalasi kelistrikan, pengelasan, hingga teknik perbaikan sepeda motor. 

Dengan adanya LKS, pihaknya berharap para peserta dapat mengembangkan kemampuan dan prestasi sesuai dengan skill yang dimiliki.

“Tentunya semakin meningkat motivasi anak, karena mereka bisa unjuk kemampuan mereka antar sekolah. Mereka selalu bersemangat belajar lagi, selain untuk menimba ilmu dan juga bisa berprestasi sesuai skil yang mereka miliki,” jelasnya.

Guna semakin memacu semangat para pelajar, dikatakan Saiful, terdapat berbagai hadiah yang dipersiapkan mulai dari satu unit mobil, sepeda motor hingga laptop. 

Hadiah ini sendiri merupakan bentuk kolaborasi antara lembaga pendidikan dengan para industri dunia, serta meningkatkan semangat para pelajar untuk terus meningkat kompetensi. 

“Alhamdulillah tahun ini sponsor lumayan, untuk otomotif itu ada hadiah satu unit mobil. Kita ingin kontribusi dunia usaha dengan smk semakin baik, harmonisasi hubungan kerja keselarasan untuk mensukseskan anak-anak Bangka Belitung,” bebernya.

Lanjut Saiful, dalam memeriahkan ajang LKS ini, nantinya juga akan pameran berbagai produk-produk hasil keterampilan SMK yang berpartisipasi dikegiatan tersebut. 

“Ada juga pameran dan job fair, jadi mengundang dunia industri untuk memfasilitasi merekrut anak smk. Ada pameran produk dalam bentuk teknologi tepat guna, produk barang seduai dengan karakteristik keahlian. Kita buka peluang bagi sekolah, apa yang sudah mereka lakukan di sekolah bisa mereka pamerkan disana,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *