BeritaDaerahNasionalPemerintahan

BLK Babel Buka Pendaftaran Calon Peserta Pelatihan, Perusahaan Swasta Lirik Pelamar Kerja Bersertifikat?

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali membuka pendaftaran calon peserta pelatihan.

Diketahui, pendaftaran sudah dimulai pada Senin 27 Mei 2024 sampai Selasa 11 Juni 2024. Sedangkan,untuk seleksi akan dilakukan pada Rabu 12 Juni 2024, pengumuman hasil seleksi Jumat 14 Juni 2024, mulai pelatihan Senin 24 Juni 2024 nanti.

Ketika diwawancarai, Kepala UPTD BLK Disnaker Babel, Lukman mengatakan, ada beberapa program pelatihan kerja yang dibuka oleh pihaknya untuk kali ini, seperti housekeeping, teknisi AC residensial, perakitan komponen fabrikasi (las) , pengoperasian mesin produksi (bubut), mekanik motor tempel, pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi dan pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana.

“Daftarkan langsung ke Kantor UPTD Balik pada saat jam kerja dengan membawa syarat-syarat fotocopy KTP dan KK, Fotocopy Ijazah terakhir, dan pas foto ukuran 3X4 sebanyak 3 lembar,” kata Lukman, Jumat (7/6/2024) kemarin.

Peserta yang lolos nanti, lanjut Lukman, juga akan mendapatkan berbagai perlengkapan dalam mengikuti pelatihan.

“Setelah masuk mereka dapat seragam, safety shoes, tas dan sminar, makan, uang saku dan diakhir pelatihan mengikuti ujian sertifikasi,” ujarnya.

Sementara itu, untuk lamanya pelatihan, diungkapkan Lukman, tergantung dengan porogram yang dipilih, paling sedikit 18 hari paling lama 32 hari terutama di bidang mesin.

“Kami siapaikn sarpras yang sudah siap anggaran APBD kerjasama Disnaker Babel melalui BLK dengan BPVP Kementerian Tenaga Kerja di Belitung,” tuturnya.

Sertifikat Lulusan BLK Dilirik Perusahaan Swasta?

Dalam hal ini, Lukman menyebut sertifikasi lulusan dari BLK cukup dilirik oleh dunia kerja dan dunia industri.

Hal itu dapat dilihat dari antusias sejumlah perusahaan yang datang langsung ke BLK Babel untuk mencari tenaga kerja. Meski demikian tidak semua perusahaan dapat menampung seluruh lulusan BLK.

“Iya banyak (minat perusahaan) karena beberapa perusahaan butuh tenaga kerja langsung datang ke BLK,” kata Lukman.

Meski tidak adanya kerjasama dengan perusahaan, kata dia, ada beberapa perusahaan yang menginginkan tenaga kerja yang bersertifikasi.

“Kalo kerja sama tidak ada, tapi ada beberapa perusahaan yang memang dia maunya yang bersertifikasi, karena takut kecelakaan kerja, pekerjaan yang tidak efektif orangkan rugi,” ujarnya.

Melalui BLK ini, ia berharap antusias masyarakat terhadap pelatihan vokasi di Babel menjadi tinggi. Sebab tidak semua masyarakat bisa mengikuti vokasi secara formal yakni SMK, sementara BLK menyiapkan peserta untuk umum.

“Pelatihan di BLK antusias masyarakat terhadap pelatihan bokasi tinggi karena tidak semua masyarakat berminat di bidang vokasi tidak semua masuk SMK. Misal ada yang putus sekolah kurang mampu, vokasi kancada ccua yang ngetrend SMK di jalu pendidikan formal, BLK menyiapkan untuk umum. Dari SMKN pun ksang masuka BLK,” ujarnya.

(JK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *