BeritaDaerahNasional

Rekrutmen TNI AD Tamtama dan Bintara TA 2024 Telah Dibuka, Cek Jadwal dan Tahapan Selengkapnya Disini!

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Peluang emas bagi pemuda-pemudi di Bangka Belitung (Babel) yang ingin ataupun bercita-cita sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat.

Pasalnya, TNI AD kembali membuka Penerimaan Bintara dan Tamtama PK TNI AD serta PA PK Reguler TA 2024 dan pendaftaran ini sendiri tanpa dipungut biaya/gratis.

Demikian hal itu disampaikan oleh Ajudan Jenderal Resor Militer 045/Garuda Jaya Letkol Nursalim, kepada laman media ini, Kamis (04/07/2024).

Dijelaskan Letkol Nursalim, penerimaan calon Prajurit TNI merupakan salah satu program TNI di bidang personel yang dilaksanakan dalam rangka menyeleksi dan merekrut pemuda-pemudi potensial yang siap dididik untuk menjadi calon-calon pemimpin masa

depan. 

“Kegiatan penerimaan calon Prajurit TNI dilaksanakan secara selektif dengan mengedepankan obyektifitas dan transparansi agar diperoleh Calon yang benar-benar unggul dari aspek akademik, jasmani maupun kepribadian dan pada akhirnya siap melaksanakan pendidikan serta mengabdi dilingkungan TNI menjadi seorang Perwira selama kurang lebih 35 tahun,” katanya.

“Kesiapan sumber daya manusia Prajurit TNI salah satunya adalah dari golongan perwira yang diharapkan untuk mampu mendukung tugas pokok TNI baik dalam tugas-tugas OMP maupun OMSP, agar TNI mampu menjawab dan menyikapi dinamika serta tantangan tugas yang berkembang sangat dinamis,” sambung Letkol Nursalim.

Dirinya juga. memaparkan proses dan tahapan rekrutmen Bintara dan Tamtama PK TNI AD serta Perwira PK Reguler Tahun Anggaran 2024, dengan rincian sebagai berikut :

Tahapan Seleksi Rekrutmen

1. Daftar Online : Calon peserta diwajibkan mendaftar melalui situs resmi TNI AD.

2. Validasi dan Administrasi : Setelah pendaftaran online, calon akan melalui proses validasi dokumen.

3. Tes Kemampuan Dasar (TKD) : Tes ini merupakan bagian dari seleksi untuk mengevaluasi kemampuan dasar calon.

4. Psikologi CAT : Penilaian psikologi dilakukan menggunakan sistem CAT untuk memastikan kesiapan mental calon.

5. Kesehatan : Pemeriksaan kesehatan dilakukan dalam dua tahap untuk memastikan calon dalam kondisi fisik prima.

6. Tes Jasmani : Tes ini meliputi pemeriksaan postur tubuh, tes kesegaran jasmani, dan renang dasar 50 meter.

7. Penelitian Personel (Litpers) : Penelitian ini mencakup wawancara dan tes tertulis untuk menilai kepribadian dan integritas calon.

8. Sidang Pantukhir : Sidang ini menentukan calon yang lulus seleksi akhir dan siap untuk masuk pendidikan.

Jadwal Rekrutmen

Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang II : Pendaftaran online dimulai pada minggu kedua September 2024, dengan validasi dan pemeriksaan administrasi dijadwalkan pada minggu ketiga dan keempat September. Pemeriksaan dan pengujian di tingkat Sub Panpus akan berlangsung pada minggu pertama dan kedua Oktober 2024. Pendidikan pertama dijadwalkan dimulai pada minggu keempat Oktober di Secata Rindam II/Swj Lahat.

–  Calon Bintara PK TNI AD Pria Reguler : Pendaftaran online dibuka dari 1 Maret hingga 30 Juli 2024. Validasi dan pemeriksaan administrasi akan berlangsung dari 15 Juli hingga 2 Agustus. Pemeriksaan tingkat Panda dijadwalkan pada 7 hingga 16 Agustus, dengan pengujian di tingkat Sub Panpus pada 26 Agustus hingga 7 September. Pendidikan pertama akan dimulai pada 27 September 2024 di Secaba Rindam II/Swj Lahat.

Calon Bintara PK TNI AD Wanita Reguler : Jadwal pendaftaran dan tahapan seleksi serupa dengan calon Bintara PK pria.

Dengan peluang yang terbuka luas ini, dikatakan Nursalim, TNI AD mengajak para pemuda-pemudi Indonesia untuk bergabung dan berkontribusi dalam pertahanan negara. 

“Seleksi yang ketat dan transparan diharapkan dapat menghasilkan prajurit yang tangguh, berintegritas, dan siap menghadapi dinamika tugas di masa depan,” pungkasnya.

(Jek)

Sumber foto : Sekretariat Kabinet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *