DaerahBeritaEkonomi BisnisNasional

Dinas Perhubungan Beberkan Tujuh Fokus Utama Hadapi Arus Mudik Lebaran Idul Fitri 2023

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memastikan ada tujuh hal yang menjadi fokus utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel dalam mempersiapkan arus mudik Idul Fitri 1444H.

Hal ini disampaikan Kepala Dishub Provinsi Babel, Asban Aris, usai mengikuti Focus Group Discussion antar stakeholder insan perhubungan dalam rangka peningkatan Pelayanan, Kelancaran dan Kenyamanan Transportasi masa angkutan lebaran tahun 2023, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Senin (10/04/2023).

“Apa yang menjadi fokus utama kita menghadapi Idul Fitri 1444 Hijriah ini sudah dibahas dalam FGD bersama lintas sektor hari ini,” kata Asban.

Adapun ketujuh fokus tersebut yakni, pertama melakukan ramp check angkutan umum dan mobil barang khususnya di wilayah terminal dan pelabuhan (bongkar muat) untuk memastikan kelayakan semua kendaraan umum yang ada disana.

“Kedua, monitoring dan evaluasi kesiapan prasarana jalan, pelaporan di terminal, pelabuhan dan bandara untuk memastikan kesiapan posko. Ketiga, koordinasi pengendalian pasar tumpah dan rekayasa arus lalu lintas bersama Polri,” jelasnya.

Lanjut Asban, fokus pihaknya yang keempat yakni, pengaturan Operasi ASDP dengan skenario waktu normal, padat dan sangat padat untuk meningkatkan frekuensi kapal. Kelima, Pembatasan operasi mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih kecuali angkutan bahan pokok, BBM, BBG, ternak, pupuk, susu murni dan barang antaran Pos.

Selain itu, yang keenam Dinas Perhubungan akan menyediakan tujuh unit bus Damri untuk mahasiswa mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Kalian. Dan ketujuh, meninjau pelaksanaan Posko Angkutan lebaran di Pelabuhan Tanjung Kalian Kabupaten Bangka  Barat dan Pelabuhan Sadai Kabupaten Bangka Selatan untuk memastikan kelancaran arus mudik.

“Dengan adanya sinergitas antar lintas sektoral ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk pelaksanaan arus mudik dan arus balik lebaran 1444 H Tahun 2023,” pungkas Kadishub Babel ini.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *