Kunjungi Babel, Ketua KPU RI Bahas Persiapan Pemilu dan Pilkada 2024

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (28/6/2022) untuk berkonsolidasi memastikan persiapan pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024 berjalan sesuai regulasi dan pedoman.

“Tujuan kedatangan kami ke Babel untuk bersilaturahmi dan konsolidasi, karena kami menyadari bahwa KPU tidak bisa bekerja sendiri dan dibutuhkan kerjasama berbagai pihak,” ungkap Ketua KPU usai melakukan Rapat Persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada), jadwal Pilkada serentak nasional akan berlangsung pada 2024, bersamaan dengan pemilihan umum presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa pembiayaan Pilkada Gubernur bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi, sementara Pilkada Bupati dan Walikota bersumber dari APBD Kabupaten/Kota, sehingga pihaknya bersama pemerintah daerah akan merumuskan agar pengalokasian APBD dilakukan secara proporsional.

Dia menyampaikan anggaran itu ditetapkan dengan mengacu pada rincian kebutuhan logistik Pemilu 2024. Misalnya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai daerah kepulauan membutuhkan biaya distribusi dan pengelolaan logistik yang berbeda dengan daerah lain.

Pertimbangan lainnya, waktu distribusi logistik yang bertepatan dengan musim hujan. Sehingga, distribusi membutuhkan transportasi khusus yang berimplikasi pada biaya yang lebih besar. Untuk itu, ia berharap Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai mempersiapkan anggaran APBD mulai dari 2022-2024 untuk meminimalisir potensi sejak awal.

“Terima kasih kepada Pemprov. Kepulauan Babel sudah memberikan dukungan kepada KPU untuk menyukseskan penyelenggaran pemilu dan pilkada 2024 nanti,” ungkapnya.

Sementara Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin mengatakan dalam pertemuan tadi pihaknya meminta panduan umum dan operasional terkait informasi persiapan pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024 mendatang.

Termasuk didalamnya untuk melanjutkan konsolidasi dan mempersiapkan anggaran APBD Provinsi dalam mendukung perhelatan pesta demokrasi tersebut.

“Itu semua agar tujuan bersama tercapai, mulai dari saat ini hingga usai pemilihan umum nantinya, pesta demokrasi ini berjalan dengan baik,” tutupnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.