Bappenas Tegaskan Development Ministerial Meeting G20 Bersifat Rahasia, Mobilitas Jurnalis Dibatasi

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Kegiatan Development Ministerial Meeting The Group of Twenty (G20) under Indonesian Presidency di Pulau Belitung tinggal menghitung hari, untuk itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Sudarman mengadakan rapat terkait kelancaran dan tertib publikasi dan dokumentasi kegiatan G20 pada tanggal 7-9 September mendatang.

Rapat ini dilakukan secara hybrid, yaitu di Ruang Rapat Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan secara Zoom meeting bersama Kepala Biro Humas, Kearsipan, dan Tata Usaha Pimpinan Kementrian PPN/Bappenas, Pacto Convex, Asisten Administrasi Umum Provinsi Kep. Babel, Kadis Kominfo Kabupaten Belitung, Kadis Kominfo Kabupaten Belitung Timur, Kepala Stasiun LPP TVRI Babel, Kepala LPP RRI Sungailiat, Pimpinan Antara Babel, pada Kamis (1/9/2022).

Dikatakan oleh Perwakilan dari Biro Humas Bappenas David, bahwa acara Development Ministerial Meeting G20 ini bersifat tertutup dan rahasia. Sehingga mobilitas jurnalis pun akan dibatasi dalam perihal ini.

“Dalam acara ministerial meeting ini, kemarin sudah disepakati tidak ada doorstop media. Sehingga, untuk akses media, hanya ada di press conference saja nantinya di tanggal 8 September,” ujarnya.

David juga menambahkan, nantinya akan ada press release, foto, dan video dokumentasi yang disediakan oleh pihaknya atau panitia untuk diberikan ke media atau wartawan, sebagai bahan untuk dipublikasikan secara luas.

“Lalu, untuk media yang mengikuti press conference dibatasi hanya 40 media, di mana media-media tersebut diharapkan untuk melakukan registrasi lewat link yang disediakan panitia. Yang kemudian nantinya akan dipilih kembali oleh pihak panitia untuk diseleksi,” kata David.

Namun, untuk side events dan kunjungan ke Tanjung Kelayang, diperbolehkan untuk media yang diundang Diskominfo Kep. Babel meliputnya, tanpa perlu registrasi lewat link yang disediakan panitia.

Selain itu, untuk memeriahkan G20 ini, pihak Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) mengadakan jelajah pesona jalur rempah, yang diadakan pada 3-7 September ini.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *