Polda Babel Targetkan H-1 Sebelum G20 Berlangsung Seluruh Sarana Prasarana Pengamanan Dalam Kondisi Siap

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Polda Bangka Belitung (Babel) Melalui Kepala Biro Operasional (Karo Ops), Kombes Pol Pontjo Soediantoko memastikan bahwa seluruh personil hingga sarana prasarana dalam mendukung pengamanan Group Of Twenty (G20) di Belitung nanti sudah dalam kondisi siap sebelum ajang bertaraf Internasional itu berlangsung.

“Target diupayakan tanggal (06/09) waktu gelar pasukan semua sudah siap, jam 8.30 WIB kita akan gelar pasukan sekaligus pengecekan sarana prasarana untuk pendukung pengamanan,” ungkap Pontjo kepada Beritacmm.com diruang kerjanya, Kamis (01/09/2022).

Untuk diketahui sebelumnya, Polda Babel menggelar apel Pengecekan Sapras dan Kendaraan Dinas dalam rangka Operasi Satam Menumbing 2022 jelang kesiapan pengamanan G20 Belitung.

Pengecekan yang berlangsung di Halaman Mapolda Babel pada Kamis (1/9/22) siang, dilakukan langsung oleh Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra bersama Wakapolda Brigjen Pol Sugeng Suprijanto dan sejumlah Pejabat Utama Polda.

Dari pantauan, sejumlah kendaraan operasional mulai dari R2, R4 hingga R6 dibariskan dan dilakukan pengecekan satu persatu.

Sementara itu, dalam hal ini, Pontjo mengatakan pihaknya juga sudah mengirimkan sebagian kendaraan pengamanan maupun operasional pada hari ini.

Lanjutnya, kendaraan roda empat maupun roda dua memang tidak dapat dikirimkan sekaligus lantaran harus menyesuaikan kapasitas angkut masing-masing kapal.

“Untuk Roda dua berjumlah 29, ada juga 38 digunakan untuk pengamanan, masih ada penambahan roda dua sebanyak 26 untuk kendaraan penutup untuk setiap konflik awal, Ditambah lagi roda empat untuk seluruh mobilisasi untuk personil operasi,” ungkapnya.

“Untuk pengiriman tidak sekaligus, sesuai dengan jumlah angkut setiap kapal, hari ini ada permintaan 42 roda dua dan roda empat yang bisa kita geser, sabtu nanti (03/09) ada juga nanti, jadi kita mengikuti jadwal kapal yang ada karna jadwal itu tidak setiap hari,” sambung Karo Ops Polda Babel.

Ia juga menerangkan, pelabuhan untuk pengiriman sarana prasarana tidaklah sama digunakan untuk para personil.

“Nanti ada dua pelabuhan yang digunakan, pangkal balam untuk personil, dan untuk di sadai bagi sarana prasana,” sebut Pontjo.

Lebih lanjut, untuk para personil sendiri ditargetkan semuanya sudah tiba di Belitung pada tanggal 4-5 september 2022 ini sekaligus pelaksanaan gelar pasukan.

“Untuk Personil tanggal 4-5 september 2022 sudah tiba dan rencana kita konsolidasi disana (belitung), tanggal 6 nya kita sambil konsolidasi terakhir sambil kita melaksanakan gelar pasukan,” jelasnya.

Terakhir, sesuai dengan arahan Kapolri, Pontjo mengungkapkan, pihaknya siap memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat untuk kelancaran presidency G20 nanti.

“Mari kita tunjukan keramahan dan kearifan budaya indonesia kepada dunia dalam momentum presidency G20. Polri siap memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat untuk kelancaran presidency G20,” pungkas Karo Ops Polda Babel sembari menirukan pesan Kapolri.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *