Beri Penguatan P2HAM, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM Sambangi Samsat Sungailiat

Bagikan Berita

Sungailiat,BERITACMM.com

Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Sri Kurniati Handayani Pane, beserta Tim melakukan tinjauan lapangan sekaligus penguatan P2HAM ke Kantor Pelayanan Samsat Sungailiat Kabupaten Bangka, Senin (05/12/2022).

Turut hadir juga mendampingi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini beserta Kabid HAM, Suherman dan Kasubbid Pemajuan HAM, Yulizar, Kasubbid P3H2, Poppy Rinafany serta staff.

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari penunjukan Kantor Pelayanan Samsat Sungailiat Bangka sebagai UPTD yang diusulkan oleh Kantor Wilayah menjadi Proyek Percontohan P2HAM di tingkat Pemerintah Daerah.

Kunjungan Tim diterima langsung oleh Kepala UPTD SAMSAT Sungailiat (Yeri) dan Kabid penetapan (Muhamad Taufik) serta perwakilan Polres Bangka (Lidra).

Pada kesempatan tersebut Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Samsat Sungaliat yang sudah menerima dengan baik kunjungan tersebut untuk berbagi informasi/sharing terkait P2HAM, sehingga terjalinnya silaturahmi dan sinergitas antar Instansi dalam melakukan pelayanan publik kepada masyarakat.

Kemudian Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Sri Kurniati Handayani Pane menyampaikan, bahwa maksud dan tujuan kunjungan tersebut dalam rangka penguatan dan penyebarluasan nilai-nilai Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) kepada Pemerintah Daerah.

Sri Kurniati mengatakan Hak asasi manusia bersifat universal artinya HAM berlaku untuk semua orang, tanpa memandang apapun, tanpa memandang tingkat jabatan, tidak memandang warga negara, wilayah, tingkat pendidikan, dan sebagainya. HAM bersifat menyeluruh dan terlepas dari status disabilitasnya, memiliki hak yang sama sebagai manusia terutama dalam menerima layanan.

“Yang terpenting bagaimana prinsip HAM dapat diterapkan dalam pelayanan publik khususnya di samsat sungailiat,” ucap Sri Kurniati.

Sementara itu, Kepala UPTD SAMSAT Sungailiat, Yeri mengungkapkan, pelayanan yang diberikan oleh pihaknya mengacu pada UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Terkait sarpras yang ada di samsat Sungailiat secara bertahap akan dilakukan perbaikan mengingat minimnya anggaran terhadap hal tersebut.

“Namun hal tersebut tidak menjadi hambatan kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami telah menyediakan petugas siaga yang siap melayani dan untuk target tahun depan kami akan menyediakan kursi wajib pajak yang lebih kekinian,” ungkapnya.

“Kemudian beberapa inovasi layanan telah diselenggarakan, seperti “Perjaka Beriman : Pelayanan Pembayaran Kendaraan Bermotor malam hari ditempat pusat pembelanjaan dan keramaian. Perjaka Berkorban : Pelayanan Pembayaran Kendaraan Bermotor di Pabrik – Pabrik dan Perkebunan. Perjaka Berkah : Pelayanan di Kampus dan Sekolah,” lanjut Yeri.

Terakhir, Yeri menyampaikan akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan yang kami berikan dengan indikator-indikator standar layanan yang sudah ditetapkan peraturan dan dari kunjungan tersebut diharapkan dapat memotivasi dalam memberi layanan kepada masyarakat yang tentunya berpedoman pada nilai – nilai HAM.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *