Ratusan Anak Yatim Babel Akan Terima BLT dari Kemensos, Cek Nilai dan Jadwal Pencairannya Disini!

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Bantuan Langsung Tunai (BLT) direncanakan akan diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) kepada seluruh anak yatim piatu yang ada di Indonesia.

Menurut informasi yang di dapat, BLT bagi anak yatim ini bernilai Rp 200.000,- dan akan segera di kucurkan pada bulan Desember 2022.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Sosial dan PMD Provinsi Kep Bangka Belitung (Babel), Budi Utama turut membenarkan, bahwasannya ada BLT yang akan di salurkan bagi anak yatim piatu, tak terkecuali untuk yang tinggal di negeri serumpun sebalai ini.

Akan tetapi, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan kisaran jumlah bantuan yang akan disalurkan bagi para anak yatim piatu tersebut.

“Memang benar, untuk besaran bantuan per anak belum dapat informasi yang pasti karna sudah hampir dua bulan seluruh pendamping rehabilitasi sosial lagi pendataan anak yatim piatu,” ungkap Budi, saat di konfirmasi melalui telepon seluler, Rabu (07/12/2022).

Ia mengatakan, pihaknya hingga kini juga sudah mengumpulkan ratusan data anak yatim piatu yang akan di ajukan sebagai penerima BLT dari Kemensos tersebut, dengan rincian sebagai berikut :

Kota Pangkalpinang : 82 orang
Kab. Bangka : 115 orang
Kab. Bangka Selatan : 148 orang
Kab. Bangka Barat : 14 orang
Kab. Belitung : 21 orang
Kab. Belitung Timur : 8 orang
Total seluruh : 388 orang

Lanjut Budi, saat ini hanya Kabupaten Bangka Tengah yang belum mengumpulkan data anak yatim penerima BLT, dikarenakan masih dalam proses pendataan.

“Data yang sudah di assessment dan verifikasi sudah masuk di siks mobile dari Pusdatin (Pusat Data dan Informasi), sedangkan untuk muncul data anak-anak indikasi yatim piatu akan di validasi langsung ke lapangan, untuk bentuk bantuan itu nantinya belum tau BLT atau atensi” tuturnya.

Lebih lanjut, hingga saat ini, pihaknya juga masih menunggu keterangan resmi dari Kemensos, terkait jumlah pasti penerima BLT anak yatim setelah proses Verifikasi yang dilakukan oleh Kemensos itu sendiri.

“Kalo bantuan untuk yatim piatu karna covid-19 sudah cair tahun ini hingga Oktober 2022 tadi. Kita masih nunggu dari Kemensos berapa anak yang mendapatkan (BLT-red) untuk di Babel ini,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut sudah ada 900 ribu lebih anak yatim piatu yang masuk database Kemensos sebagai penerima BLT.

“Kami dapat tambahan anggaran dari Kemenkeu Rp 400 miliar sekian, nah itu akan digunakan untuk bulan Desember. Jadi kami akan serahkan (BLT) kurang lebih targetnya sekitar 946.863 anak yatim piatu,” kata Risma dalam konferensi pers, Jumat (16/9) lalu.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *