BeritaDaerahNasionalPemerintahanPendidikan

Pendaftaran Mahasiswa Fakultas Kedokteran UBB Akan Dibuka Tahun Ini, Cek Kuotanya Disini!

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Universitas Bangka Belitung telah menerima Surat Keputusan (SK) izin pembukaan program studi S1 Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, (Kemendikbud Ristek), pada Kamis (02/03/2023).

SK tersebut diterima langsung oleh Rektor UBB Prof. Dr. Ibrahim M.Si, dan turut disaksikan langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah II Prof Dr. Iskhaq Iskandar M.Si,
Direktur Penyedia Tenaga Kesehatan Kemenkes RI yang diwakili Dr Akemat M.Kep, PJ Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin dan seluruh tamu undangan lainnya.

Usai kegiatan, Rektor UBB Prof. Dr. Ibrahim M.Si mengatakan, bahwa tahun ini penerimaan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran UBB telah dibuka.

Dirinya menjelaskan, untuk Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) akan dilakukan pada bulan Maret 2023 ini. Sedangkan, untuk SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) saat ini juga sedang berlangsung.

“Akan dimulai tahun ini, melalui jalur SNBT dan SNMPTN wilayah barat. Untuk SNBT akan mulai diselenggarakan bulan Maret ini, saat ini sedang berlangsung SNBP,” jelas Ibrahim.

Untuk diketahui, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Sedangkan, SNBP adalah seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang penilaiannya didasarkan atas prestasi. SNBP adalah pengganti SNMPTN.

Lanjut, Dikatakan Ibrahim, bahwa pihaknya juga telah mematok kuota penerimaan mahasiswa sebanyak 40 mahasiswa dari kedua jalur penerimaan tersebut.

“Insyaallah rencananya 28 di SNBT dan 12 SNMPTN wilayah barat,” bebernya.

Akan tetapi, lanjut Ibrahim, pihaknya belum dapat memastikan berapa nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi para mahasiswa Fakultas Kedokteran UBB ini.

Oleh karna itu pula, saat ini pihaknya bersama Fakultas Kedokteran UNSRI juga sedang melakukan perhitungan pembiayaan UKT, dan berharap pembiayaan bagi para mahasiswa itu tetap moderat.

“Nanti akan kita umumkan kemudian setelah ketemu formulasi yang terbaik dan tentu kita berharap sebagai perguruan tinggi pembiayaan akan moderat dan tentu saja sesuai aturan Kemendikbud bahwa tetap ada kewajiban kita untuk mengalokasikan KIP kuliah, dan tentu saja UKT 1 dan 2 yang itu tetap menjadi kewajiban kami,” pungkas Rektor UBB ini.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *