BeritaDaerahNasionalPemerintahanPendidikan

UBB Terima SK Pembukaan Fakultas Kedokteran, Eksekutif-Legislatif Siap Mendukung!

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar kegiatan Penyerahan Surat Keputusan (SK) izin pembukaan program studi S1 Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, (Kemendikbud Ristek), pada Kamis (02/03/2023).

SK tersebut diterima langsung oleh Rektor UBB Prof. Dr. Ibrahim M.Si, dan turut disaksikan langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah II Prof Dr. Iskhaq Iskandar M.Si,
Direktur Penyedia Tenaga Kesehatan Kemenkes RI yang diwakili Dr Akemat M.Kep, PJ Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin dan seluruh tamu undangan lainnya.

Dalam hal ini, Rektor UBB Prof. Dr. Ibrahim M.Si, nampaknya tak dapat menutupi kebahagiaannya setelah izin pembukaan program studi baru di perguruan tinggi yang dipimpinnya itu keluar.

Oleh karna itu, dirinya berharap seluruh stakeholder khususnya Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) dapat memberikan dukungan penuh terhadap perguruan tinggi yang dipimpinnya tersebut.

“Alhamdulillah tadi ada komitmen dari pak Gubernur untuk membantu operasional pendanaan ditahun-tahun awal, baik melalui sarpras (sarana prasarana-red) maupun pendaan dalam bentuk operasional,” jelasnya.

Sehingga dengan bantuan itu, lanjut Ibrahim, nantinya dapat meringankan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi para mahasiswa Fakultas Kedokteran UBB.

“Tentu kita harap biaya operasional UKT nya akan semakin rendah,” ucap Rektor UBB ini.

Dirinya juga menerangkan, bahwa pihaknya telah mengusulkan dana operasional Fakultas Kedokteran seberan Rp 8 Miliar. akan tetapi menurut Ibrahim, hal itu masih bersifat tentatif dan kondisional.

“Tapi insyaallah kita siap dengan berbagai skema, baik dibantu (melalui) Pemprov Babel ataupun Kemendikbud Ristek langsung,” pungkasnya.

Sementara itu, hadirnya Fakultas Kedokteran UBB ini tentu mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Tak terkecuali dari sisi Eksekutif maupun Legilatif yang ada di negeri serumpun sebalai.

Misalnya PJ Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin yang menungkapkan, bahwa pihaknya juga telah menyiapkan beasiswa bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Hal ini diungkapkan dirinya, sebagai bentuk dukungan terhadap dunia dan peningkatan sumber daya manusia, yang selalu menjadi prioritas utama bagi pihaknya tersebut.

“Kita perlu mandiri juga di Babel ini untuk menyediakan tenang kesehatan yang bagus, yang sesuai kondisi kita, yang pada gilirannya nanti akan meningkatkan kesehatan masyarakat,” terangnya.

Ridwan juga berkomitmen untuk memprioritaskan lulusan-lulusan dari Fakultas Kedokteran tersebut agar dapat diserap oleh rumah sakit di daerah dengan tetap mengedepankan standart mekanisme serta dilakukan secara transparan.

Senada dengan hal itu, Anggota Komisi IV DPRD Babel, Ferdiansyah juga menegaskan, bahwa pihaknya siap mendukung penuh dengan hadirnya Fakultas Kedokteran UBB ini.

“Kita akan sangat support terkhusus untuk soal pendanaan untuk pelaksanaan Fakultas Kedokteran ini, tadi kita dengar sendiri dari rektor membutuhkan dana yang di support dari Pemprov, kita akan kawal itu kita akan support, agar untuk siswa yang mau kuliah (kedokteran-red) tidak perlu jauh-jauh lagi,” tutur Anggota DPRD Babel Fraksi Partai Gerindra ini.

Selain itu, sebagai bentuk dukungan lainnya, Ferdiansyah menambahkan, bahwa akan mendorong RSUD Provinsi Babel agar dapat dijadikan sebagai rumah sakit pendidikan bagi para mahasiswa Fakultas Kedokteran tersebut.

“Kita di komisi empat memang mendorong itu, baik itu dari program-program kerja mereka juga dari pendanaan, memang kita akan arahkan RS itu jadi rumah sakit pendidikan,” tutupnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *