DaerahBeritaEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Kas Daerah Pindah ke Bank BRI, DPRD Sayangkan Tidak Adanya Koordinasi

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akhirnya resmi memindahkan rekening operasional ke Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Diketahui, semulanya rekening operasional milik Pemprov Babel ini berada di Bank Daerah yakni Bank Sumsel Babel.

Ditunjuknya Bank BRI untuk menampung kas umum Pemprov Babel ini lewat MoU atas layanan dan jasa perbankan.

Kemudian dikuatkan dengan Keputusan Gubernur Babel Nomor 188.44/95/BAKUDA/2023 tentang Penunjukan kantor cabang PT BRI Tbk Pangkalpinang sebagai sebagai Bank Operasional Kas Umum Pemprov Babel.

Dalam keputusan gubernur itu pula, para ASN/PPPK/anggota DPRD serta tenaga honorer di lingungan Pemprov Babel diminta dapat membuka rekening di Bank BRI, sebagai persiapan administrasi yang dibutuhkan.

Hal ini berkaitan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah pada perangkat daerah khususnya untuk menampung uang persediaan (UP) serta untuk pembayaran gaji.

Kepala Bakuda Babel, M Haris dikonfirmasi melalui telpon salah seorang awak media, mengatakan hingga saat ini belum bersedia memberikan keterangan.

Sementara itu, terkait adanya edaran ini, Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi mengatakan, bahwa pemindahan kas daerah ini dianggap sah-sah saja dan tidak melanggar aturan apapun.

Akan tetapi, dirinya sangat menyayangkan bahwa pemindahan kas daerah tersebut tanpa adanya koordinasi terlebih dulu terhadap pihaknya.

“Sepengetahuan kami itu diperbolehkan, dan kami di DPRD tidak pernah dikoordinasikan soal itu,” kata Herman Suhadi saat di konfirmasi awak media, Rabu (8/3/2023).

“Kami di DPRD Babel hanya menerima surat edarannya saja. Padahal saya sangat berharap adanya koordinasi,” sambungnya.

Karna menurutnya, ada perda kewajiban penyertaan modal walaupun saat ini memang belum terealisasikan.

“Yang saya sikapi, memang kita punya kewajiban perda tentang penyertaan modal walau memang belum terealisasikan, ini bagaimana, makanya perlu ada koordinasi ke DPRD,” tukasnya.

Lebih lanjut, terkait pemindahan kas daerah ini, Herman juga berharap, semua didasari oleh professionalisme guna mendapat tambahan pendapatan daerah, bukan malah sebaliknya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *