BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Belajar dari Tahun Lalu, Wakil Ketua DPRD Pastikan Pemkab Babar Siap Antisipasi Lonjakan Pemudik

Bagikan Berita

Muntok,BERITACMM.com

Menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat, H Oktorazsari memastikan, bahwa seluruh stakeholder di Pemerintahan Kabupaten Bangka Barat (Pemkab Babar) telah mempersiapkan antisipasi lonjakan pemudik untuk tahun 2023.

Menurut pria yang akrab dipanggil Haji Totok ini, salah satu yang telah dipersiapkan oleh Pemkab Babar guna melancarkan arus mudik maupun arus balik bagi para pemudik yaitu telah disiapkannya Buffer Zone atau Zona Penyangga.

Lanjut Totok, saat ini ada dua Buffer Zone yang akan dipersiapkan Pemkab Babar guna menunjang kelancaran lalu lintas arus mudik tersebut.

“Dengan pengalaman melayani pemudik, Dinas terkait sudah punya hitungan sendiri tentang kecukupan Buffer Zone ini. Tentunya Pemkab Babar sudah mengantisipasi jika terjadi lonjakan pemudik,” ungkap Totok, ketika di konfirmasi via WhatsApp, Sabtu (08/04/2023).

Selain itu, penerapan Buffer Zone ini, menurut Totok, sebagai salah satu solusi guna mengurai kemacetan pemudik.

Tentu hal tersebut juga tak luput dari pembelajaran tahun lalu, dimana diketahui pada puncak arus mudik tahun 2022 kemarin, kemacetan yang terjadi di arus jalan menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok mencapai 2,4 Kilometer.

“Selalu ada evaluasi atas hal ini (kemacetan-red), dan kita mendorong, baik Pemkab Babar maupun pihak Polres untuk menemukan solusi kemacetan tersebut. Yang penting adalah disiplin pemudik untuk taat pada aturan yang ditetapkan pihak Polres/Pemkab Babar,” ucapnya.

Selain kesiapan lalu lintas, kesiapan pelayanan di Pelabuhan Tanjung Kalian juga tak lepas dari pengawasan pihak DPRD Kabupaten Bangka Barat.

Dalam hal ini, dikatakan Totok, bahwa pihaknya juga akan melakukan pantauan langsung ke lapangan, tentu hal tersebut guna memastikan bahwa seluruh masyarakat yang ingin mudik dapat mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya.

“Dewan melakukan pemantauan ke lapangan, kami akan koordinasi dengan pihak terkait untuk menjamin kesiapan pelayanan pelabuhan bagi pemudik,” pungkas Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Lebih lanjut, dirinya juga berharap, arus mudik kali ini dapat berjalan lancar, serta seluruh pemudik dapat melaksanakan mudik dengan tertib dan aman.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *