BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Wacanakan Pengembalian RKUD Pemprov ke Bank SumselBabel, Ini Alasan Pj Gubernur Suganda

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu membuka wacana akan mengembalikan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke Bank Sumsel Babel.

Bukan tanpa pertimbangan, hal tersebut diambil lantaran mengingat Bank SumselBabel merupakan bank daerah yang perlu mendapatkan perhatian dari daerah.

“Masih berproses, artinya sesuai dengan aturan yang ada,” ungkapnya kepada awak media, di Rumah Dinas Gubernur Babel, Minggu (09/04/2023) malam.

Bahkan, dirinya mengungkapkan telah bertemu pihak Bank BRI dan Bank SumselBabel ditingkat provinsi. Dan akan dilanjutkan di tingkat pusat serta Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Dalam pertemuan dengan kedua pihak bank tersebut, Suganda menerangkan, bahwa dirinya juga sempat bertanya kepada pihak Bank SumselBabel alasan mengapa Pemprov Babel mendapatkan kontribusi begitu kecil. ketimbang apa yang telah ditawarkan oleh Bank BRI.

Namun, lanjut dirinya, pihak Bank SumselBabel hanya diam dan tidak bisa menjawab pertanyaan yang ia lontarkan itu.

“Tapi kalau mereka bisa menjamin apa yang diberikan oleh BRI itu sama, artinya sesuai aturan yang ada, maka kita akan memfasilitasi proses tersebut,” ujarnya.

Secara lisan, diakui Suganda, pihak terkait sudah berkomitmen. Dirinya juga menegaskan bahwa tak ada kepentingan terkait wacana pemindahan kas Pemprov ke BSB selain pertimbangan tersebut.

“Satunya tidak ada kepentingan, saya tidak meminta satu rupiah pun. Ke BRI juga saya jelaskan, bahwa BSB ini BUMD yang harus dikembangkan dan menjadi kewajiban bank BUMN untuk menbantu memperkokoh dan memperkuat bank di daerah, termasuk ke Bank SumselBabel,” tegasnya.

Akan tetapi, diakui Suganda, perubahan ini tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, tapi butuh waktu beberapa bulan.

Selain itu, juga akan ada beberapa perubahan kebijakan sehingga roda pemerintahan tidak terganggu dan dapat berjalan normal.

“Maka kita harapkan nanti kedepan Babel punya bank sendiri, ini cikal bakalnya. Dengan bank BRI tentu kita tetap bekerjasama seperti yang sudah berjalan selama ini,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *