NasionalBeritaDaerah

PT Timah Tbk Kenalkan Kearifan Lokal Masyarakat Adat Mapur Lewat Buku

Bagikan Berita

Bangka,BERITACMM.com

Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan Surat Pendaftaran Ciptaan kepada PT Timah Tbk selaku pemegang hak cipta atas buku ‘Mapur Mendulang Kisah Menuai Berkah’ yang ditulis oleh Kurniati dan Derry Nodyanto .

Surat pendaftaran ciptaan ini disampaikan Pj. Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM Wilayah Babel, Eva kepada Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita di Griya Timah, Jumat (9/6/2023), yang juga disaksikan oleh penulis dan perwakilan dari Lembaga Adat Mapur dan Yayasan. Gebong Memarong.

Eva mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah mencatatkan pembuatan buku sejarah ini. Dikatakannya, dengan memiliki pendaftaran ciptaan ini berarti telah memberikan perlindungan terhadap ciptaan yang telah diterbitkan.

“Tugas dan fungsi Kanwil Kemenkum HAM meliputi pendaftaran kekayaan intelektual, kreasi rekaman, perlindungan merek, perlindungan hak cipta, dan kekayaan intelektual komunal. Sehingga PT Timah Tbk telah melakukan pencatatan ini, semoga dapat menjadi contoh,” katanya.

Diakuinya, saat ini, katanya, kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan merek dagang dan kreasinya masih rendah. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk lebih memperhatikan karya rekamannya untuk melindungi karyanya agar tidak diklaim oleh pihak lain.

Sementara itu, Direktur SDM PT Timah Tbk Yennita dalam kesempatan tersebut mengatakan, PT Timah Tbk berkomitmen untuk melestarikan adat-istiadat masyarakat sekitar tambang, salah satunya pelestarian adat masyarakat adat Mapur.

“Ada aspek lain yang mungkin sering kita lupakan adalah pencatatan karya intelektual sebagai objek perlindungan hukum atas karya yang telah dibuat. Semoga upaya bersama kita hari ini dapat mendidik, mendorong dan mengembangkan semangat untuk terus berkarya dan berkarya. berinovasi,” kata Yennita.

Dikatakannya, PT Timah Tbk mengambil peran khusus dan memperhatikan program-program bernuansa etnik, serta mengusung rasa kepedulian terhadap aset budaya dan kearifan lokal dengan mendukung kelembagaan masyarakat termasuk mendukung Lembaga Adat Mapur.

PT Timah Tbk juga berperan dalam membangun Kampung Adat Gebong Memarong yang terletak di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka sebagai upaya memperkenalkan kembali kearifan dan budaya lokal kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat adat, PT Timah Tbk juga memberikan pelatihan pembuatan batik ecoprint dan pelatihan pembuatan kerajinan tangan bagi masyarakat.

“PT Timah Tbk akan selalu berkomitmen untuk mendukung niat baik dalam mengelola budaya lokal yang bernilai positif, terutama berorientasi pada pembangunan berkelanjutan, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kemandirian masyarakat,” ujar Yennita.

Penulis buku Mapur Mendulang Kisah Meraih Berkah Kurniati mengaku tidak yakin bisa menyelesaikan buku ini tanpa dukungan penuh dari PT Timah Tbk. Gagasan untuk menulis buku ini merupakan kelanjutan dari Program Teaching Lead.

“Saya kira kalau bukan karena dukungan dari PT Timah Tbk yang telah memfasilitasi dengan totalitas, agak sulit bagi kami untuk dapat menulis buku ini. Karena kami melakukan observasi langsung, perizinannya tidak mudah, akomodasi juga tidak mudah, tapi PT Timah Tbk secara total membantu kami,” kata Kurniati.

Ia pun merasa senang, bisa melihat dan bisa mendokumentasikan budaya masyarakat adat Mapur, sehingga tulisan ini dikemas dalam bentuk fiksi dan nonfiksi.

“Kami berharap buku ini dapat menjadi bahan berbagi pengetahuan tentang keberadaan masyarakat mapan dan budayanya. Ada juga beberapa cerita rakyat yang ditampilkan dalam buku ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Mapur Asih Harmoko mengatakan sangat mengapresiasi kepedulian PT Timah Tbk terhadap masyarakat adat. Awalnya bagi mereka memiliki Kampung Adat Gebong Memarong hanyalah sebuah mimpi, namun kini telah menjadi kenyataan.

“Terima kasih PT Timah Tbk telah membantu kami dari nol, awalnya semua hanya mimpi sekarang bisa menjadi kenyataan, kami tidak bisa lagi menggambarkan kata-kata apa yang cocok untuk mengungkapkan rasa terima kasih kami kepada PT Timah Tbk yang telah banyak membantu kami,” ujarnya. dikatakan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *