DaerahBeritaEkonomi BisnisNasional

Mendapat Modal dari Program PUMK PT Timah Tbk, Toko Kelontong Usfazi Terus Berkembang

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Usaha toko kelontong Usfazi Umar yang berlokasi di Jl. ULANG. Martadinata, Kelurahan Opas Indah, Kota Pangkalpinang terus berkembang setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk.

Toko kelontong ‘Tuti’ sudah berdiri sejak tahun 2006, dan hanya menjual makanan ringan untuk anak-anak. Namun, usahanya semakin berkembang dengan menyediakan berbagai bahan makanan pokok dan kebutuhan rumah tangga.

Usfazi mengatakan, setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk pada 2021, dia dan istri yang menjalankan toko ini mulai menambah sarana dan prasarana toko seperti rak penjualan, dan etalase.

Selain menambah fasilitas toko, mereka juga menambah varian produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Sehingga lebih lengkap dapat memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

“Mendapat pinjaman modal menambah jenis penjualan. Kemudian bangunan di sebelah ruko juga ditambah sehingga bisa disewa lagi untuk usaha lain. Banyak perkembangan setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk,” ujarnya.

Menurutnya, semakin banyak jenis produk yang mereka jual juga berdampak pada peningkatan omzet yang dua kali lipat dari biasanya.

“Omzet meningkat karena sekarang kebutuhan pokok seperti gula, terigu, dan lain-lain juga sudah tersedia, termasuk beras dan lain-lain. Omzet meningkat cukup signifikan,” ujarnya.

Diakuinya, meski lokasi usaha mereka cukup strategis, dengan banyaknya peritel modern yang bermunculan di dekat lokasi usahanya menjadi tantangan tersendiri. Meski demikian, ia tidak menyerah dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

“Saat ini banyak supermarket yang bermunculan di mana-mana, termasuk di dekat toko kami. Tapi ketentuan Tuhan sudah diatur, selalu ada pelanggan yang datang, kadang warga sini, dan kadang orang yang lewat daerah ini,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap kedepannya program PUMK PT Timah Tbk dapat terus membantu para pelaku UMKM agar dapat terus mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

“Program ini sangat membantu, pelayanan administrasi sangat murah dibandingkan dengan pinjaman lainnya. Sangat cocok untuk usaha kecil seperti kami karena sangat cocok, apalagi jika ini benar-benar kami gunakan untuk mengembangkan usaha kami,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *