NasionalBeritaDaerahEkonomi Bisnis

Peduli Ekosistem Pesisir, PT Timah Tbk Konsisten Lakukan Reklamasi

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Reklamasi berkelanjutan merupakan langkah nyata yang dilakukan PT Timah Tbk untuk menjaga ekosistem lingkungan. Perusahaan menerapkan prinsip pertambangan yang baik dan mengutamakan aspek pelestarian lingkungan dalam menjalankan pertambangan.

Penambangan dilakukan di darat dan di lepas pantai, membuat PT Timah Tbk juga melakukan reklamasi di laut sebagai upaya anggota holding industri pertambangan MIND ID untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Upaya reklamasi laut yang dilakukan PT Timah Tbk yaitu dengan menenggelamkan terumbu karang buatan, menciptakan penahan abrasi. Kemudian penanaman mangrove, pemantauan kualitas air, restocking cumi, dan restocking kepiting bakau.

PT Timah Tbk melakukan reklamasi laut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau. Jenis reklamasi yang dilakukan juga disesuaikan dengan kondisi masing-masing kawasan dan rencana reklamasi yang telah disusun oleh PT Timah Tbk.

Reklamasi laut yang dilakukan PT Timah Tbk sejak tahun 2016 merupakan upaya perusahaan untuk menjaga ekosistem laut dan pesisir.
Terumbu buatan yang ditenggelamkan oleh PT Timah Tbk diharapkan menjadi tempat berkembang biak ikan dan diharapkan menjadi daerah tangkapan baru bagi nelayan.

Selain itu, reklamasi laut PT Timah Tbk juga merupakan upaya mendukung wisata bawah laut dengan menenggelamkan terumbu karang buatan dan juga mendukung wisata pantai dengan menanam mangrove.

“Reklamasi yang dilakukan PT Timah Tbk merupakan cerminan komitmen perusahaan dalam menerapkan good mining practice,” ujar Head of Corporate Communications PT Timah Tbk, Anggi Siahaan.

Anggi mengatakan, dalam melaksanakan reklamasi laut PT Timah Tbk juga melibatkan akademisi, nelayan, dan masyarakat sekitar dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

“PT Timah Tbk sangat concern terhadap pengelolaan lingkungan sehingga dalam pelaksanaannya PT Timah Tbk melibatkan berbagai pihak untuk melakukan reklamasi yang diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

Salah satu kelompok nelayan yang dilibatkan PT Timah Tbk dalam melakukan reklamasi adalah Kelompok Nelayan Desa Gemuruh yang melakukan restocking kepiting bakau.

Kepala Desa Nelayan Gemuruh H. Idrus, pihaknya sangat mendukung reklamasi laut yang dilakukan PT Timah Tbk, karena akan berdampak langsung pada mereka.

“Saya merasa senang dan sangat mendukung program restocking benih kepiting bakau. Karena nantinya akan berdampak positif bagi kami para nelayan. Selain itu, lingkungan sekitar pasti terjaga dengan baik,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *