BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

WBP Lapas Narkotika Pangkalpinang Dibekali Ilmu Kuliner, Kadiv PAS Beberkan Harapannya

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Sahata Marlen Situngkir, melakukan kunjungan kerja di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang sebagai tindak lanjut Program Pelatihan Kemandirian yang bekerjasama dengan Rumah Makan Muara, Selasa (12/09/2023).

Pada kesempatan itu, didampingi Kalapas Narkotika Nur Bambang Supri Handono, Kadiv PAS menyaksikan secara langsung kesinambungan antara Pelatihan Kerja Kemandirian Ketrampilan Olah Makanan / Memasak yang di peroleh beberapa waktu lalu.

Bahkan pada kesempatan kali ini, 20 (dua puluh) orang warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang  unjuk kebolehan dalam pengolahan ikan  menjadi lempah kuning Khas Bangka dan  langsung disaksikan oleh owner Rumah Makan Muara, Obie Ardi.

Melihat hal itu, Kadiv PAS Marlen Situngkir mengatakan, bahwasannya ilmu kuliner tersebut merupakan bekal usaha yang paling menjanjikan saat ini.

“Jangan ada lagi kemiskinan yang dialami oleh Warga Binaan Pemasyarakatan selepas menjalani hukuman, karena tidak mempunyai pekerjaan akhirnya kembali mengulangi kesalahan yang sama,” kata Marlen.

Oleh karna itu, dirinya meminta kepada para WBP yang terlibat agar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan ini.

“Saat ini bisnis kuliner sangat berkembang, dan saya yakin saudara semua akan berhasil dan gunakan kesempatan yang diberikan Kalapas sebaik baiknya dan jangan berulah sehingga menutup kesempatan Saudara untuk menimba ilmu selama menjalani pidana di sini,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Obie Ardi menyampaikan rasa takjub dan bangga karna  pelajaran yang disampaikan secara teori dan praktek dalam sehari, mampu diserap dengan baik oleh para WBP.

Bahkan, menurut Obie, rasa dari masakan yang dibuat oleh para WBP tak kalah enak dari yang ia olah dirumah makannya sendiri.

“Saya tidak ragu untuk memberikan kesempatan apabila saudara bebas nanti untuk bekerja di rumah makan yang saya Kelola,” ungkap Obie.

Sementara itu, Kapalas Narkotika Pangkalpinang, Nur Bambang mengucapkan apresiasinya kepada Kadiv PAS dan Owner Rumah Makan Lempah Kuning Muara karna ide yang telah digagas ini.

Dirinya juga berharap, ilmu yang telah diraih ini dapat membuka kesempatan bagi para WBP, khususnya dalam bidang pekerjaan usai menjalani masa hukuman nanti.

“Ini merupakan Langkah pembinaan yang sangat baik dalam membangun manusia mandiri, yaitu warga binaan yang mandiri khususnya dalam ekonomi sehingga tidak mengulangi lagi perbuatan yang melanggar hukum,” tutupnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian sertifikat yang diberikan kepada 5 (lima) orang yang mengikuti pelatihan, 

Ikut serta Dalam Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan kerja tersebut jajaran Divisi Pemasyarakatan Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Lola Basan Baran dan Keamanan, Kasubid Pembinaan, TI dan Kerjasama, Kasubid Bimbingan dan Pengentasan Anak.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *