BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Bersama Nelayan, PT Timah Tbk Jalankan Program Fishing Ground di Perairan Pulau Bangka

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Untuk mendukung industri kelautan dan perikanan lokal, PT Timah Tbk melalui program Corporate Social Responsibility kerap melaksanakan program fishing ground dengan cara merendam rumpon ikan dan taman karang di perairan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Program perendaman rumpon ikan dan taman karang yang dilaksanakan PT Timah Tbk juga sejalan dengan penerapan Tata Kelola Sosial Lingkungan (ESG) yang dilakukan perusahaan dengan memberdayakan kelompok masyarakat, dalam hal ini nelayan. 

Daerah penangkapan ikan adalah kawasan yang dibuat atau dikelola dengan tujuan khusus untuk meningkatkan produktivitas perikanan. PT Timah Tbk memahami pentingnya pelestarian sumber daya laut dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat lokal di wilayah operasionalnya. 

Setelah tahun 2022, anggota holding industri pertambangan MIND ID akan melaksanakan program fishing ground di tujuh titik, seperti di perairan Pantai Rebo dan perairan Jelitik di Kabupaten Bangka, perairan Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah, perairan Kecamatan Tanjung, Perairan Belo Laut, Perairan Tempilang dan Perairan Teluk Limau di Bangka Barat.

Pada tahun 2023, PT Timah Tbk kembali melaksanakan program fishing ground bersama kelompok nelayan yang dilaksanakan di dua titik yaitu di Perairan Deniang dan Perairan Rebo di Kabupaten Bangka. 

Melalui program fishing ground dan coral garden diharapkan para nelayan dapat menambah luas tangkapan ikannya sehingga nelayan tidak perlu pergi terlalu jauh untuk melaut, dengan harapan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan dengan adanya rumah ikan baru dari rumpon ikan yang tenggelam. 

Selain itu, PT Timah Tbk juga memberikan wawasan kepada kelompok nelayan untuk membuat rumpon ikan yang merupakan salah satu upaya konservasi laut yang dapat dilakukan bersama. 

Dikutip dari pemberitaan PT Timah Tbk beberapa waktu lalu, salah satu kelompok nelayan yang dilibatkan PT Timah Tbk dalam pembuatan rumpon ikan adalah Koperasi Bahari Permai Lestari di Bangka Barat. 

Ketua Koperasi Permai Lestari Bahari Bangka Bara Syaiful Bahari mengatakan, program fishing ground dari PT Timah Tbk tidak hanya memberikan lapangan kerja bagi mereka tetapi juga menambah pengetahuan mereka dalam membuat rumpon ikan. 

“Biasanya kami hanya membuat rumpon sederhana dengan menggunakan pasir dan pelepah kelapa. Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan amanah dari PT Timah untuk membuat rumpon yang lebih tahan lama,” ujarnya. 

Kedepannya, kata dia, rumpon ini bisa dimanfaatkan oleh nelayan lokal, tidak hanya kelompoknya sendiri, dengan harapan ikan yang tersisa lebih banyak sehingga hasil tangkapan nelayan juga meningkat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *