BeritaDaerahKesehatanNasional

Tiga Warga Belitung Timur Terima Bantuan Biaya Pengobatan dari PT Timah Tbk

Bagikan Berita

BELITUNGTIMUR,BERITACMM.COM

Untuk menekan biaya pengobatan bagi masyarakat, PT Timah Tbk menyalurkan bantuan biaya pengobatan kepada tiga warga di Kabupaten Belitung Timur melalui program CSR Perseroan. 

Bantuan biaya pengobatan dari PT Timah Tbk disalurkan kepada Bintang, warga Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar, Eti Desti, warga Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, dan Leni Yuspita, warga Desa Mengkubang, Kecamatan Damar, Belitung Timur. Kabupaten, Rabu (13/09/2023). 

Salah satu penerima biaya pengobatan dari salah satu anggota industri pertambangan holding MIND ID, Leni Yuspita, mengatakan dirinya sempat mengidap tumor dan beberapa kali dioperasi, namun kali ini tumbuh lagi di bagian lain tubuhnya. 

“Sejak tahun 2008 ada benjolan, sudah dioperasi dan tumbuh lagi sekitar 3 tahun dan sudah menjalani kemoterapi,” kata Leni Yuspita. 

Menurut Leni, operasi penyakitnya saat ini belum memungkinkan karena tumor sudah menyebar di tubuhnya sehingga pengobatan hanya bisa dilakukan dengan kemoterapi. 

Leni mengatakan, bantuan tersebut akan digunakan untuk biaya pengobatan mereka, khususnya untuk operasional mereka. 

“Kami berobat di Jakarta, dan sudah bolak-balik ke Jakarta. Dalam waktu dekat kami akan kembali menjalani kemoterapi ke Jakarta lagi,” kata Leni. 

Senada dengan warga Desa Sukamandi, Eti Desti, yang mengaku mengidap beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kandung empedu, dan ginjal, serta mengidap penyakit lupus dan penyakit lupus tingkat tinggi. 

“Jadi saya terus berobat bahkan ke Purwokerto,” ujarnya.

Eti mengatakan, untuk berobat di Purwokerto ada satu tahapan yang harus menggunakan uang pribadi dan BPJS juga tidak berlaku di sana. Jadi sekarang dia sudah kehabisan dana sehingga ada beberapa obat yang tidak diminum. 

Oleh karena itu, bantuan PT Timah Tbk sangat bermanfaat dan akan digunakan untuk melawan penyakit tersebut. 

“Alhamdulillah bermanfaat, dan saya sangat membutuhkannya, dan nanti ada pemeriksaan lebih lanjut,” katanya

Sementara itu, Amelia, salah satu orang tua dari Desa Bintang Warga Mekar Jaya yang juga menerima biaya pengobatan dari PT Timah Tbk, menjelaskan, anaknya yang berusia 1,5 tahun mengidap berbagai penyakit kelamin. 

Penyakit ini merupakan suatu kondisi dimana bentuk alat kelamin tidak jelas sehingga terlihat seperti alat kelamin perempuan dan laki-laki secara bersamaan. 

“Jadi pas lahir dirujuk ke Jakarta di RSCM,” ujarnya.

 Menurutnya, selama ini kondisi atau jenis kelamin Bintang saat ini adalah seorang perempuan dan kini ia rutin melakukan pemeriksaan. 

Nah, dalam waktu dekat, Bintang masih menunggu jadwal operasi lanjutan yakni pengangkatan lubang anus, dan hingga saat ini sudah beberapa kali menjalani operasi. 

“Jadi bantuan PT Timah Tbk sangat membantu kami dan semoga anak kami segera berobat,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *