BeritaDaerahKesehatanNasionalPemerintahan

‘Jamban Sehat’ Untuk Dukung Capaian Desa ODF

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep Babel), serta mendukung capaian desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Babel melalui Bidang Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman hingga saat ini telah membangun puluhan ‘Jamban Sehat’ untuk masyarakat di beberapa lokasi yang ada di Negeri Serumpun Sebalai ini.

“Jadi tiap tahun itu kita memang ada anggaran WC sederhana itu yang memenuhi syarat higeinis, yang septictank-nya menggunakan fiber, jadi tidak rembas langsung ke tanah,” kata Kepala Dinas PUPRPRKP Babel Jantani Ali kepada laman media ini, Jumat (22/09/2023).

Untuk tahun ini saja, lanjut Jantani, pihaknya sudah membangun kurang lebih 86 jamban sehat untuk dapat digunakan oleh masyarakat.

“Kita memang bertahap, tahun ini kita sudah selesaikan 15 WC untuk di Belitung dan 15 untuk di Belitung Timur, kalo total di Babel  ada 86 WC yang sudah dibangun tahun ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan dia, bahwa program ini akan terus berlanjut, agar target capaian desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan dan penurunan angka stunting di Babel dapat benar-benar terwujud.

“Kegiatan ini akan terus kami langsungkan pak, nanti juga pihak kami dengan tim stunting dan desa akan berkoordinasi, terkait pembangunan WC ini posisinya nanti dimana untuk selanjutnya,” tutup Jantani.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *