BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Ditutup! KPU Babel Pastikan Seluruh Parpol Telah Serahkan Berkas Cermatan DCT

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Tahapan penyerahan dokumen pengajuan perubahan rancangan DCT (Daftar Calon Tetap) hasil pencermatan anggota DPD dan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), hari ini (03/09/2023) pukul 23.59 WIB resmi ditutup.

Pada kegiatan yang berlangsung selama 10 hari, sedari tanggal 24 September 2023 hingga 03 Oktober 2023 ini, seluruh partai politik dipastikan telah menyerahkan seluruh berkas pengajuan percermatan DCT pada batas waktu yang telah ditentukan.

Dalam hal ini, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Babel, Hartati mengungkapkan, pada tahapan ini memang ada beberapa parpol yang melakukan perubahan berupa tanda gambar dan nomor urut parpol peserta pemilu, nomor urut, nama lengkap dan foto diri terbaru bakal calon, penggantian calon sementara dan perpindahan daerah pemilihan (dapil).

Dikatakan Hartati, perubahan yang dilakukan  memang diperbolehkan pada tahapan ini. Namun dirinya belum menerangkan secara rinci dari partai politik mana saja yang melakukan perubahan tersebut.

“Ada, ada yang misalnya pindah Dapil, karna kan memang dibolehkan di tahap ini misalnya mau pindah Dapil maupun nomor urut diperbolehkan,” katanya kepada laman media ini, di KPU Babel, Selasa (03/09/2023) malam.

Usai tahapan ini, lanjut Hartati, pihaknya akan segera melakukan verifikasi administrasi dokumen persyaratan calon sementara hasil percermatan rancangan DCT, sedari tanggal 04 Oktober-18 Oktober 2023.

Setelah itu, bakal dilakukan rekapitulasi hasil verifikasi administrasi terhadap pergantian calon dari tanggal 19 Oktober-23 Oktober 2023. Lalu penyusunan pada 24 Oktober hingga 02 November.

Barulah pada tanggal 03 November 2023 masuk dalam tahapan penetapan DCT, dan akan diumumkan pada tanggal 04 November 2023 nanti.

“Setelah ini kami akan melakukan vermin atas pengajuan cermatan DCT yang disampaikan partai politik tersebut, dan DCT ini akan ditetapkan nanti pada 3 November 2023,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hartati juga berharap para partai politik selalu aktif disetiap tahapan bahkan hingga masuk dalam tahapan pengumuman DCT nanti.

“Alhamdulillah, di kita mereka parpol aktif dan sering berkoordinasi di Help Desk kita. Karna KPU jugakan tugasnya melayani jadi salah satu yang kami layani juga partai politik dan juga para pemilih tentunya, agar para pemilih ini bisa menyalurkan aspirasinya. Dan kami lihat parpol sejauh ini baik sekali hal itu dibuktikan dengan lengkapnya berkas-berkas yang dikumpulkan sejauh ini,” pungkas Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Babel ini.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *