BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Irjen Kemenkumham RI Berikan Motivasi Kepada Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Razilu, menyambangi Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Jajaran Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel, Jumat (06/10/2023).

Kedatangan Irjen Kemenkumham Razilu didampingi langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kunrat Kasmiri, Kepala Divisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin, Kepala Divisi Yankum Fajar Sulaeman, Kabid Jajaran Divpas Babel serta sejumlah Kepala UPT lainnya langsung disambut hangat Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Nur Bambang Supri Handono beserta Pejabat Struktural jajarannya.

Pada momen ini, Razilu berkesempatan memberikan motivasi dan penguatan kepada para petugas Lapas Narkotika Pangkalpinang melalui “Gerak Bangkitkan Kesadaran Inspirasi dan Motivasi (Gerbang Transisi)”. 

Dirinya meminta pembangunan Zona Integritas harus dengan cara-cara yang berintegritas. Selain itu, menurut Razilu, harus ada perubahan mindset seluruh petugas dari dilayani menjadi melayani.

“Berproses secara baik. Seluruh area perubahan berubah secara baik. Ada tiga fokus utama dari gerbang transisi yaitu area kesadaran, area motivasi dan area inspirasi,” kata Razilu.

Dijelaskan Razilu, pada area kesadaran, dirinya mengambarkan bahwa Kementerian Hukum dan HAM ini khususnya Pemasyarakatan bagaikan Kapal besar dengan banyak sekali Wargabinaannya. oleh karena itu, setiap nahkoda kapal haruslah satu visi misi sehingga kapal bisa selamat sampai tujuan dengan aman.

Kemudian pada area motivasi, beliau mengingatkan kembali terkait Resolusi Kemenkumham 2023 yaitu wujudkan Kementerian Hukum dan HAM Semakin PASTI dan BerAKHLAK dengan bekerja secara cepat, tepat, ikhlas dan hasilnya akuntabel.

“Dalam mewujudkan resolusi setiap pegawai harus memiliki Intelligence Quotient (IQ), Emosional Quotient ( EQ), dan Spiritual Quotient (SQ), ketiga ini mutlak harus dimiliki dalam hati para petugas,” ujarnya.

Dari perubahan mindset tersebut, lanjut Dia, akan menuju perubahan budaya kerja. Tentu hal itu tidaklah mudah sehingga harus dilakukan secara berulang dan tetap konsisten serta tawakal.

“Mengubah budaya kerja tidak selesai hanya enam bulan. Pemimpin harus jadi role model, bukan hanya seragam tapi dalam segala hal, integritas termasuk budaya melayani,” terangnya.

Terakhir, area inspirasi, Razillu menjelaskan, bahwa hal ini berkaitan dengan Creativity Quotient (CQ), dimana menurtnya salah satu kecerdasan adalah kecerdasan kreatif.

“Mereka yang cerdas secara kreatif, dia memiliki kemampuan untuk memproduksi banyak ide ide kreatif yang diperlukan dalam melaksanakan tugas sehari hari,” pungkasnya.

Setelah melakukan penguatan kepada petugas, acara kunjungan Irjen ditutup dengan penandatanganan sepuluh pesan Irjen Kemenkumham RI, Razilu dan sesi foto bersama serta menyemangati dengan yel yel Lapastika Bertimah ” Bersih, Empati, Amanah dan Humanis ” yang langsung dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel Harun Sulianto.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *