BeritaDaerahNasional

PT Timah Tbk Sosialisasikan Rencana Pemasangan Penghalang Abrasi kepada Warga

Bagikan Berita

SAWANG,BERITACMM.COM

PT Timah Tbk akan memasang penghalang abrasi di sekitar 150 meter Pantai Sawang untuk membantu mencegah abrasi.

Sebelum dilakukan pemasangan penahan abrasi, PT Timah Tbk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar nantinya masyarakat mengetahuinya. Sosialisasi ini dilaksanakan di Gedung Tok Judah Desa Sawang, Jumat (10/6/2023).

Dalam sosialisasi tersebut, PT Timah Tbk juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukannya agar nantinya bisa saling mendukung dan bekerja sama.

Sejak tahun 2017 PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur telah memasang penahan abrasi sebagai komitmen dan juga tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Hal ini terbukti efektif mengurangi dampak abrasi pada lokasi yang dipasang penghalang abrasi.

Selain itu, kawasan sekitar tanggul abrasi yang dibangun PT Timah Tbk juga menjadi objek wisata baru sehingga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Kepala kelurahan. 01 Desa Sawang Rafani menyampaikan apresiasi kepada PT Timah Tbk yang telah memperhatikan lingkungan sekitar Pantai Sawang dengan rencana pemasangan penahan abrasi sepanjang 150 meter.

“Tentunya hal ini akan sangat membantu kita sebagai masyarakat setempat untuk mengurangi dampak abrasi yang semakin parah setiap tahunnya,” ujarnya.

Menurut dia, di kawasan itu, selain pemukiman warga, juga terdapat pemakaman para sesepuh masyarakat sebelumnya.

“Kalau dibiarkan dampak abrasinya tentu akan mengikis kuburan. Oleh karena itu, kami atas nama masyarakat Rw 01 sangat berterima kasih atas program pemasangan penahan abrasi dari PT Timah Tbk,” ujarnya.

Senada dengan Ketua Karang Taruna Desa Sawang Mardani, mengatakan kegiatan ini sangat diperlukan dan harus didukung untuk mengurangi dampak abrasi.

“Saya mewakili Pemuda dan juga Desa Karang Taruna Sawang, sangat senang dan akan mendukung kegiatan pemasangan penahan abrasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk,” ujarnya.

Senada dengan Ketua Karang Taruna Desa Sawang Mardani, mengatakan kegiatan ini sangat diperlukan dan harus didukung untuk mengurangi dampak abrasi.

“Saya mewakili Pemuda dan juga Desa Karang Taruna Sawang, sangat senang dan akan mendukung kegiatan pemasangan penahan abrasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk,” ujarnya.

Senada, Kepala Desa Sawang Azman mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini, karena dampak abrasi di Pantai Sawang sangat nyata. Jadi, program pemasangan penahan abrasi dari PT Timah tentunya dapat mengurangi abrasi yang terjadi.

“Kita lihat di lapangan sekitar Pantai Asmara Dewi Kecamatan Sawang yang pada tahun 2020 sudah dipasang penahan abrasi sepanjang 400 meter, saat ini abrasinya sangat minim. Jadi kegiatan seperti ini harus kita dukung,” jelasnya.

Sementara itu, Saiful mewakili Camat Kundur Barat menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas komitmen PT Timah Tbk terhadap lingkungan.

“Jika tidak ada yang peduli dengan abrasi ini maka masyarakat lah yang menjadi korbannya. Kita tahu bersama, hanya PT Timah yang saat ini terus melakukan kegiatan pelestarian lingkungan seperti penanaman mangrove dan pemasangan penahan abrasi. Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk mendukungnya. program ini dan mendoakan “PT Timah harus terus maju dan berkembang,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *