BeritaDaerahNasionalPendidikan

Minat Siswa-Siswi Masuk Fakultas Kedokteran UBB Tinggi, Rektor Ibrahim : Ini Kebanggaan

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Minat Fakultas Kedokteran Universitas Bangka Belitung (UBB) menjadi yang tertinggi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2023, khususnya jalur penerimaan SNBT dan SMM PTN Barat. 

Demikian hal ini disampaikan oleh Rektor UBB, Ibrahim, saat dikonfirmasi oleh awak media, Selasa (07/11/2023). Dikatakan Ibrahim, tingginya minat masyarakat masuk ke fakultas kedokteran merupakan suatu kebanggaan.

“Sebagai ilustrasi, untuk minat Kedokteran di UBB sesuai dengan perbandingan 1 banding 20. Ini menjadi kebanggaan, Prodi Kedokteran di UBB sendiri menjadi yang tertinggi,” katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya dalam surat keputusan (SK) Kemendikbud dan Ristekdikti No: 194/E/0/2023 UBB telah resmi mendirikan Program Studi Kedokteran pertama kali di Babel pada Kamis 2 Maret 2023 silam.

Lanjutnya, untuk penerimaan mahasiswa Prodi Kedokteran UBB saat ini baru dibuka menjadi dua jalur yakni SNBT dan Mandiri. Sementara untuk tahun 2024 nanti, penerimaan melalui jalur SNBP, SNBT, dan SMM.

“Dari tujuh ratusan peserta yang ikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru Prodi Kedokteran UBB kuotanya hanya 40 saja,” jelas Rektor UBB.

Dia juga menyebutkan, penerimaan mahasiswa baru Prodi Kedokteran UBB tersebut memberi kesempatan afirmasi putra daerah khusus untuk jalur SMM sebanyak 30 persen yang diseleksi diantara sesama kriteria putra daerah. Khusus SNBP dan SNBT semua bersifat nasional.

“Dari penerimaan mahasiswa baru untuk Prodi Kedokteran UBB, 30 persen di jalur SMM dialokasikan untuk mahasiswa yang masuk putera daerah-daerah dengan kriteria kelahiran atau asal SMA. Tentunya ini sesuai dengan perangkingan seleksi sesamanya yang dipantau secara ketat oleh tim panitia pusat,” terang Ibrahim.

Guru Besar Ilmu Politik di UBB tersebut mengharapkan minat Prodi Kedokteran yang dapat berkuliah dapat lebih banyak lagi kedepannya.

“Harapannya, kita juga mengharapkan putera daerah yang dapat berkuliah Kedokteran dapat lebih banyak lagi. Kalau saat ini lebih kurang 55 persen diterima berasal dari Bangka Belitung,” tuturnya.

Adapun Prodi Kedokteran sendiri sudah berhimpun dalam Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) berdasarkan Permendikbudristek Nomor 55 Tahun 2023. Selain Kedokteran dan nantinya Profesi Dokter, FKIK juga akan menaungi Prodi D3 Keperawatan yang telah ada lebih dulu.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *