BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Pemadaman Listrik Bergilir Buat Masyarakat Geram, Pihak PLN Siap-siap Dipanggil Dewan!

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Fenomena pemadaman listrik bergilir yang terjadi di Bangka Belitung (Babel) kembali menuai sorotan.

Kali ini, sorotan tersebut disampaikan langsung oleh anggota DPRD Bangka Belitung (Babel) Akhsan Visyawan. Pasalnya menurut Akhsan, pemadaman listrik bergilir ini sudah dua kali terjadi dalam kurun waktu yang belum genap satu tahun.

Seperti diketahui, berdasarkan keterangan resmi dari pihak PLN, Cuaca ekstrim yang melanda Daerah Sumatera Selatan Sabtu sore tadi (11/11/2023) sekitar pukul 16.12 WIB berdampak pada jaringan transmisi listrik Kenten-Tanjung Api api. Akibatnya, suplay listrik PLN melalui kabel laut menuju Pulau Bangka terganggu. 

Dimana atas kejadian kahar ini, kebutuhan listrik di Pulau Bangka mengalami defisit sebesar 29,98 MW, sehingga PLN Babel melakukan manajemen beban untuk kebutuhan pelanggan yang akan dilakukan estimasi sekitar 10 hari kedepan.

Untuk itu, menurut Akhsan, perlu adanya antisipasi baik secara jangka pendek maupun jangka pendek dari pihak PLN, sehingga hal-hal seperti pemadaman listrik bergilir tidak terulang kembali.

“Masalahnya hampir sama seperti dulu, Ini sebenarnya menjadi pelajaran kita, pihak PLN juga gak bisa menyerah dengan kondisi alam,” kata Akhsan kepada beritacmm.com, Selasa (14/11/2023).

Dikatakan Akhsan, PLN juga tidak bisa selalu ‘berlindung’ dengan hal-hal yang bersifat alamiah. Selain itu, tentu harus ada kesadaran  untuk melakukan pemeliharaan berkala agar masyarakat Babel khususnya tidak selalu bermasalah dengan kondisi listrik seperti saat ini.

“Sebagai masyarakat wajar kecewa karna kita memiliki hak untuk mendapatkan listrik, gak bisa PLN menyerah kepada kondisi alam,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Akhsan, pihaknya juga akan segera mengirimkan surat kepada Ketua DPRD Babel untuk memanggil pihak PLN, agar dapat menyampaikan aspirasi masyarakat secara langsung.

“Kita akan usulkan audiensi PLN, usulan akan kami sampaikan ke pimpinan (DPRD BBael) untuk manggil PLN agar kita tau solusinya,” terang Ketua DPW PKS Babel ini.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *