BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Komitmen Terapkan Proses Bisnis Berkelanjutan, PT Timah Tbk Raih Peringkat Emas di ASRRAT 2023

Bagikan Berita

JAKARTA,BERITACMM.COM

PT Timah Tbk meraih penghargaan Peringkat Emas dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023 yang diadakan National Center for Sustainability Reporting (NCSR) di Raffles Hotel Jakarta, Senin (6/11/2023).

ASRRAT merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang berhasil mengkomunikasikan kinerja keberlanjutan melalui laporan keberlanjutan yang baik kepada pemangku kepentingan.

Penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen perusahaan terhadap pelaporan keberlanjutan. Tahun ini ASRRAT mengusung tema Navigating the Path to Net Zero: Accelerating Climate Action In Asia. Net Zero Emissions (NZE) untuk mendorong emisi bersih di dunia bisnis.

ASRRAT Award merupakan ajang penilaian kualitas laporan keberlanjutan berdasarkan standar Global Reporting Initiative (GRI). Penilaian dilakukan oleh penilai yang berkompeten (spesialis SR bersertifikat).

Ketua NCCR, Dr. Ali Darwin mengapresiasi peserta ASRRAT 2023 atas dedikasi perusahaan dan organisasi terhadap transparansi dan inisiatif mereka untuk mengukur dan memitigasi risiko dampak lingkungan dan sosial.

“Laporan keberlanjutan telah memberikan wawasan berharga mengenai kemajuan yang telah dicapai dalam mengurangi emisi, melestarikan sumber daya, dan memajukan keadilan sosial. Laporan ini juga berfungsi sebagai peta jalan yang dapat diikuti oleh dunia usaha dan organisasi lain,” ujarnya.

Senada, Ketua Juri ASRRAT 2023 Prof Irwan Adi Ekaputra menyampaikan, ASRRAT 2023 mengalami peningkatan jumlah peserta yang signifikan dibandingkan penyelenggaraan tahun sebelumnya. ASRRAT 2023 juga diikuti peserta dari beberapa negara seperti Bangladesh, Filipina, Australia, dan Rusia.

Dikatakannya, proses penilaian ASRRAT 2023 melibatkan panel yang terdiri dari lima juri dan tim asesor yang terdiri dari 18 asesor bersertifikat CSRS dari seluruh Indonesia. NCCR menetapkan empat peringkat laporan keberlanjutan, yaitu Platinum (tertinggi), Emas, Perak, dan Perunggu (terendah).

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu komitmen PT Timah Tbk dalam menerapkan upaya bisnis berkelanjutan.

“Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT Timah Tbk menerapkan sistem keberlanjutan mulai dari eksplorasi sumber daya alam hingga upaya hilirisasi. Dalam prosesnya PT Timah Tbk juga melibatkan masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *