DaerahBeritaNasionalPendidikan

UBB Buka Pemilihan Rektor Baru Periode 2024-2028

Bagikan Berita

BALUNIJUK,BERITACMM.COM

Universitas Bangka Belitung (UBB) kini menanti rektor yang baru periode 2024-2028, lewat Pemilihan Rektor yang resmi diumumkan panitia pelaksana pada Kamis (14/12) di gedung Rektorat UBB Balun Ijuk, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

Sesuai tahapan, pendaftaran bursa pencalonan rektor ini dibuka pada 27 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024. Demikian disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor UBB 2024-2028 Riwan Kusmiadi didampingi Ketua Senat UBB Dr Devi Valeriani dalam konferensi pers.

Ketua Senat UBB Dr Devi Valeriani menjelaskan, sesuai mekanisme yang diatur, pengumuman pemilihan rektor baru ini merupakan tindak lanjut pembentukan panitia pelaksana yang terdiri satu ketua, satu sekretaris dibantu tiga anggota dan dua staf. “Kita harap panitia pelaksana ini bisa bekerja sesuai yang disepakati (aturan),” ujar Devi.

Pendaftaraan ini dibuka seluas-luasnya bagi peminat di seluruh perguruan tinggi negeri se-Indonesia. Pihaknya mempunyai ekspektasi dan harapan yang tinggi kepada rektor yang terpilih nanti adalah rektor yang baru mampu menjalankan program yang ada dan pengembangan UBB ke arah yang lebih baik lagi. Terkhususnya bisa bekerjasama dengan seluruh civitas akademika UBB.

“Untuk informasi lebih jelasnya, calon pendaftar bisa mengakses laman resmi UBB pada website www.ubb.ac.id,” jelasnya.

Ketua Panpel Pemilihan Rektor Riwan Kusmiadi menerangkan, ada empat tahapan di Pemilihan Rektor UBB 2024-2028, diantaranya tahapan penjaringan yang meliputi pengumuman pendaftaran calon rektor (11-26 Desember 2023), pendaftaran calon (27 Desember 2023- 8 Januari 2024), pemenuhan kelengkapan berkas (9-11 Januari 2024), seleksi administrasi (12-16 Januari 2024).

“Pendaftaran bakal calon bisa saja diperpanjang, jika jumlah pendaftar bakal calon kurang dari empat orang (17-30 Januari), dan hasil seleksi administasi akan diumumkan pada 17 Januari – 2 Februari 2024,” jelasnya.

Lalu tahapan penyaringan, yakni penyampaian misi visi dan program kerja calon rektor yang dilaksanakan pada 7 Februari 2024, penilaian dan penetapan tiga besar calon rektor oleh senat pada 12 Februari 2024 dan pengumuman calon rektor hasil penyaringan. “Hasil penyaringan untuk tiga besar akan diumumkan dan disampaikan ke Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek,” paparnya.

Untuk tahapan ketiga, pemilihan rektor hasil penyaringan tiga besar kandidat calon rektor UBB akan dibahas bersama Mendikbud Ristek secara tertutup. Kemudian dilanjutkan pada penyampaian hasil pemilihan kepada Menteri.

“Namun waktu pelaksanaannya masih tentatif, karena kita mengikuti agendanya pak Menteri. Namun kita sangat berharap tak ada kekosongan posisi Rektor seleas berakhirnya masa kerja rektor yang lama. Dan di waktu bersamaan juga dilangsungkan penetapan serta pelantikn rektor UBB yang baru,” ungkapnya.

Pihaknya tak menampik, jika Rektor UBB saat ini masih berkesempatan untuk ikut pada Pemilihan Rektor UBB 2024-2028. “Sesuai aturan, ini masih bisa. Terkait tata cara pemilihan rektor ini sudah diatur di Peraturan Senat Nomor 1 Tahun 2023, yang mencantumkan segala ketentuan untuk persyaratan hingga cara pemilihan,” imbuhnya.

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *