BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Manfaatkan Program PUMK PT Timah, Usaha Kantin Abarusin Makin Ramai Pengunjung

Bagikan Berita

TANJUNGBERLIAN,BERITACMM.COM

Menjalankan bisnis tidaklah semudah dan seindah yang dikira, banyak liku-liku dan tantangan yang harus dihadapi. Hal itu diungkapkan Abarusin, salah satu mitra binaan PT Timah.

Abarusin menjalankan usaha kantin makanan yang berlokasi di Pelabuhan Tanjung Berlian, Desa Tanjung Berlian Kota, Kecamatan Kundur Utara. Ia menyediakan berbagai makanan untuk penumpang dan petugas di pelabuhan.

Usaha ini sudah dijalankannya selama tujuh tahun, dan seiring berjalannya waktu terus berkembang dengan dukungan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) PT Timah.

Menurut Abarusin, dahulu Plabuhan Tanjung Berlian belum sebesar dan sesibuk sekarang. Namun kini pelabuhan ini berkembang pesat.

“Dulu tempat saya berjualan bersama istri hanya berupa meja kecil di pinggir jalan menuju pelabuhan. Alhamdulillah sekarang sudah lebih berkembang,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Semakin berkembangnya pelabuhan, jumlah penumpang semakin bertambah dan jumlah pelanggan pun semakin meningkat. Abarusin merasa bingung mencari modal untuk mengembangkan usahanya, padahal peluang sudah ada di depan mata.

“Kami ingin memanfaatkan peluang kemajuan di pelabuhan ini untuk mengembangkan usaha kantin ini, namun membutuhkan modal yang cukup besar dan itu yang menjadi kendala kami,” ujarnya.

Untuk mendapatkan tambahan modal, Abarusin terus mencari informasi mengenai pinjaman modal yang tidak membebani dirinya.

“Setelah mengetahui program PUMK di PT Timah, saya memberanikan diri mengunjungi kantor PT Timah di kawasan Kundur untuk memastikan informasi tersebut secara matang,” ujarnya.

Ia bersyukur setelah mendapat informasi dan memenuhi persyaratan, permohonannya untuk mendapatkan pinjaman modal dari PT Timah dapat disetujui.

“Alhamdulillah permintaan saya diterima. Modal itu saya gunakan untuk menambah perlengkapan seperti meja, kursi, dan lain-lain agar pelanggan betah dan nyaman. Sehingga akan menarik pelanggan lain untuk datang sekedar minum kopi dan makan,” dia berkata.

Ia bersyukur setelah peralatannya bertambah, usahanya semakin maju dan pelanggannya semakin banyak.

“Alhamdulillah usaha saya juga berkembang karena pelanggan merasa nyaman duduk dan minum kopi sambil menunggu kapal berangkat,” ujarnya.

Menurut Abarusin, program PUMK dari PT Timah sangat baik dan membantu UMKM karena banyak kemudahan dan keringanannya.

“Semoga dengan adanya Program PUMK dari PT Timah ini masyarakat dan pelaku usaha kecil di Kecamatan Kundur Utara juga mampu berkembang dan bersaing,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *