BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Festival Karya Nyata Vol. 5.0′ di Belitung Menghadirkan Berbagai Kegiatan Seru

Bagikan Berita

BELITUNG,BERITACMM.COM

PT Timah bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Bangka Belitung meramaikan ‘Festival Karya Nyata Vol. 5.0’ yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Acara tersebut berlangsung di Pantai Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung pada Jumat hingga Minggu (16-18 Februari 2024).

Festival Karya Nyata Vol. 5.0 menampilkan serangkaian kegiatan seperti bazar UMKM, lomba memasak tradisional, parade musik, lomba busana kreatif, permainan tradisional, makan bersama, coffee session, pertunjukan teater kolosal, pertunjukan musik Topan N Friends, serta lomba dekorasi nampan.

Selain untuk merevitalisasi perekonomian, Festival Karya Nyata Vol. 5.0 juga menjadi platform dan upaya Kementerian Badan Usaha Milik Negara untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Festival Karya Nyata Vol. 5.0 mengusung tema ‘Ngangkit Batang Terendam’ yang berarti mengembalikan sesuatu yang telah lama hilang.

Salah satu highlight acara yang menarik perhatian adalah peragaan busana kreatif yang menampilkan busana tradisional modern.

Arya Mahendra Sinulingga, Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara yang hadir dalam acara tersebut menyatakan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mengikuti pameran dan festival. Kali ini diadakan di Bangka Belitung.

Menurut Arya, kegiatan tersebut merupakan upaya Menteri BUMN Erick Tohir mendorong berkembangnya UMKM untuk mempromosikan produknya.

“Belitung merupakan salah satu kawasan Geopark UNESCO sehingga menjadi destinasi wisata yang bagus. Walaupun kita tahu terjadi penurunan jumlah wisatawan sejak pandemi, namun hal ini merupakan salah satu cara untuk mendongkrak pariwisata dan meningkatkan kunjungan ke Belitung seperti sebelum pandemi,” kata Arya.

Salah satu peserta, Firni (17), yang mengikuti peragaan busana kreatif tersebut mengaku hampir tidak mengikuti lomba karena kurangnya persiapan.

“Aku baru menyiapkan pakaian ini tadi malam karena pendaftarannya juga mendadak. Awalnya aku ragu untuk bergabung karena aku tidak punya pakaian yang cocok dengan temanya, tapi setelah mencari dan memadukannya dengan alat peraga yang tersedia, untung ada gaunnya. kode yang sesuai dengan tema,” kata siswa kelas 3 SMK N 1 Tanjung Pandan itu.

Meski sudah berkali-kali mengikuti peragaan busana dan memenangkan penghargaan, ia merasakan pengalaman di Festival Karya Nyata berbeda dan berkesan.

“Seru, seru, dan saya bangga bisa terlibat dalam acara ini. Senang juga bisa bertemu teman-teman baru karena saya mendapat kenalan baru selama kompetisi ini,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat diadakan secara rutin agar generasi muda dapat menyalurkan hobinya.

“Bagi PT Timah dan BUMN lainnya, saya doakan sukses terus, dan mudah-mudahan kedepannya bisa kembali menyelenggarakan acara seperti ini agar generasi milenial bisa menyalurkan hobi dan bakatnya,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *