BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Makna Hari Pers Nasional (HPN) 2024, PT Timah Gandeng Organisasi Pers Gelar Uji Kompetensi

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Di era informasi digital yang berkembang pesat, peran media dan jurnalis sangat penting dalam memberikan informasi yang akurat dan berkualitas kepada masyarakat.

Oleh karena itu, PT Timah membina sinergi dengan media, mendukung dan meningkatkan kualitas jurnalis, serta keberlanjutan industri media. PT Timah membangun keselarasan dengan media dengan mendukung peningkatan kompetensi jurnalis melalui uji kompetensi.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangka Belitung Mohammad Fathurrakhman menyatakan, PT Timah sudah lama bersinergi dengan PWI dalam berbagai kegiatan.

“PT Timah merupakan salah satu BUMN yang berkontribusi besar dalam kegiatan PWI, seperti mensponsori acara PWI, tidak hanya uji kompetensi,” kata pria yang akrab disapa Boy ini.

Menurutnya, peran PT Timah dalam mendukung Uji Kompetensi Jurnalis sangat penting dalam meningkatkan kompetensi jurnalis.

“PT Timah sering mendukung uji kompetensi jurnalis, ini sangat membantu kami para jurnalis dalam meningkatkan kapasitas dan pendidikan rekan-rekan kami khususnya yang ada di PWI Bangka Belitung,” ujarnya.

“Dengan anggota kami yang berjumlah 200 orang yang tersebar di kota dan kabupaten di Bangka Belitung, yang sebagian besar telah memiliki sertifikasi uji kompetensi yang dikeluarkan Dewan Pers dan PWI, hal ini juga berkat dukungan berkelanjutan dari PT Timah,” tambah Boy.

Kedepannya, ia berharap PT Timah dan PWI Bangka Belitung dapat terus berkolaborasi dalam mendukung pendidikan jurnalis di Bangka Belitung. Selain itu, mereka dapat berkolaborasi dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Lebih lanjut Boy menyebutkan, PWI bersama PT Timah juga terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan seperti penanaman mangrove.

“PWI Bangka Belitung mengapresiasi sinergi PT Timah dalam melakukan kegiatan bersama teman-teman jurnalis, dan organisasi kami dapat berjalan dengan lancar,” kata Boy.

Sementara itu, Riki Fermana selaku Ketua Pengurus Wilayah Pro Jurnalis Media Siber (PJS) mengapresiasi sinergi PT Timah dengan organisasinya.

“Sebagai Ketua Pengurus Daerah Pro Jurnalis Media Siber (PJS), salah satu Organisasi Profesi Pers di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PT Timah telah menjalin kerja sama yang baik, dan kami merasa PT Timah selalu memberikan komunikasi dan sinergi yang baik. ,” dia berkata.

Riki mencontohkan PT Timah dan UPN Veteran Yogyakarta yang memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi Jurnalis Junior (UKW) bagi jurnalis yang terafiliasi dengan Organisasi Pers (PJS, PJID, dan KBO Babel).

“Kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan PT Timah dalam mengembangkan sumber daya manusia jurnalis menuju kompetensi, sehingga diharapkan jurnalis di Babel dapat menjalankan tugas jurnalistik berdasarkan prinsip jurnalisme yang beretika serta memberikan informasi yang bermanfaat dan akurat kepada masyarakat Bangka Belitung,” ujarnya.

Ia juga berharap PT Timah Tbk dapat terus bersinergi dengan Pengurus Wilayah PJS Babel.

“Apa yang dilakukan PT Timah dalam mendukung jurnalis di Babel untuk mengikuti UKW merupakan bagian dari upaya membangun dan meningkatkan profesionalisme jurnalis di Bangka Belitung agar lebih baik dan beretika dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Kedepannya, ia berharap PT Timah dapat terus menjalin kerja sama dengan Organisasi Pers untuk membangun sumber daya manusia profesional dan jurnalis yang kompeten.

“Dengan demikian, PT Timah menjadi bagian sejarah yang melahirkan pegiat Pers yang profesional, baik, dan beretika yang dikenang oleh masyarakat Pers,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *