BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Inisiatif PT Timah dalam Mendukung Pelestarian Adat dan Budaya Masyarakat Tambang

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

PT Timah terus berupaya membangun hubungan berkelanjutan dengan masyarakat lokal di wilayah operasional perusahaan. Selain mendukung masyarakat adat, pelestarian budaya dan tradisi juga menjadi salah satu perhatian PT Timah.

Sebagai anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Timah berperan aktif dalam melestarikan komunitas, budaya, dan tradisi adat. Bahkan PT Timah berinisiatif mendukung masyarakat Adat Mapur melalui program Desa Adat Gebong Memarong.

Dukungan PT Timah terhadap pelestarian adat, budaya, dan tradisi antara lain mendukung penyelenggaraan tradisi dan budaya masyarakat, mendukung kegiatan seni tradisional, dan masih banyak lagi.

Komitmen PT Timah dalam melestarikan tradisi dan budaya diwujudkan dalam dukungan perusahaan terhadap kegiatan seperti tradisi ‘Sedekah Kapong Kundi Bersatu’ di Bangka Barat, mendukung pembangunan Rumah Adat Sentana Jering Amantubillah di Desa Pelangas, Kabupaten Bangka Barat.

Selanjutnya pada tahun 2023, PT Timah juga mendukung tradisi seperti Tradisi Sholat Bulan di Desa Puput, Perang Ketupat di Desa Tempilang, Bangka Barat, dan lain-lain.

Mendukung pelestarian adat istiadat juga dapat sejalan dengan prinsip kelestarian lingkungan. PT Timah bekerjasama dengan lembaga dan komunitas adat untuk melestarikan tradisi dan budaya masyarakat.

Anggi Siahaan, Head of Corporate Communications PT Timah, menyatakan dukungan perusahaan terhadap kegiatan adat istiadat masyarakat merupakan langkah penting dalam membangun kemitraan dengan masyarakat.

Anggi mengatakan tradisi, budaya, dan keberadaan masyarakat adat membawa keharmonisan dalam tatanan sosial masyarakat.

“PT Timah berperan khusus dan memberikan perhatian pada program-program yang bernuansa etnik, serta menunjukkan kepedulian terhadap aset budaya dan kearifan lokal serta tradisi dengan mendukung kelembagaan masyarakat melalui Lembaga Adat,” kata Anggi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *