BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Siap Beli Timah dari Masyarakat, Koperasi PTUMB Siap Pula Bermitra Dengan Masyarakat 

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Sektor Pertambangan khususnya timah, nampaknya tak bisa dipungkiri hingga saat ini masih menjadi tulang punggung perekonomian sebagaian besar masyarakat Bangka Belitung (Babel).

Hal ini terbukti, dalam beberapa bulan terakhir pengusutan korupsi tata niaga pertimahan di Babel berlangsung, dampak yang ditimbulkan begitu terasa bagi sebagian masyarakat, lantaran kebanyakan smelter enggan mengambil hasil tambang dari rakyat tersebut.

Para pihak-pihak terkait pun dibuat harus putar otak untuk memberikan solusi yang konkrit bagi masyarakat agar perekonomian Babel dapat kembali pulih, salah satunya yang dimunculkan yakni Koperasi Tambang Rakyat yang sekaligus akan menjadi mitra dari PT Timah Tbk.

Nantinya, Koperasi tersebut untuk mempermudah pembelian pasir timah di tingkat penambangan kecil atau masyarakat. Disamping itu, juga untuk membantu masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan dalam menjual timahnya dan melakukan aktivitas penambangan lantaran berbagai sebab.

Demikian hal itu disampaikan Dewan Pembina Koperasi Timah Usaha Makmur Babel, Hidayat Arsani dalam konferensi pers di Labanca, Pangkalpinang, Kamis (6/3/2024) sore.

“Kita ingin membantu masyarakat yang tengah mengalami kesulitan. Kita ingin agar perekonomian Babel yang sedang terpuruk bisa terselamatkan, bisa bangkit kembali. Dan pada akhirnya pergerakan perekonomian Babel bergairah kembali dan bisa tumbuh dengan baik,” ujarnya.

“Jadi masyarakat penambang bisa menjual pasir timahnya ke koperasi dengan harga yang sesuai,” sambung mantan Wakil Gubernur Babel ini.

Dengan menjadi mitra koperasi, dikatakan Hidayat, para penambang yang beraktivitas di IUP PT Timah juga tidak perlu lagi merasa khawatir akan persoalan legalitas.

“Ini akan menjadi tanggung jawab koperasi. Namun, selama dilakukan dengan benar dan pasir timah di IUP PT Timah hasil penambangan tidak dijual ke selain koperasi yang sudah jadi mitra PT Timah,” jelasnya.

Pihaknya pun membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi masyarakat yang ingin turut serta bermitra dengan koperasi, dengan catatan harus sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan.

“Silahkan masyarakat yang ini bermitra dengan kita. Kita akan buka selebar-lebarnya guna memajukan perekonomian di Babel. Yang penting sesuai mekanisme dan kita ingin kerja benar, jangan sampai ada persoalan terkait hukum, kita laksanakan sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Lebih jauh, Hidayat Arsani membeberkan, bahwa saat ini pihaknya juga sedang mempersiapkan segala kebutuhan administrasi dan hal teknis lainnya, agar koperasi yang dimaksud dapat segera berjalan.

“Insyaallah dalam waktu dekat. Begitu semuanya siap, kita bergerak. Masyarakat harus segera ditolong,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *