BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Perjalanan Kinerja Budi Utama, Dari Degradasi Menuju Puncak Prestasi

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Masih terlintas dibenak Budi Utama saat menerima Rapot Penilaian Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2020 silam. Dinas Sosial berada di peringkat 27 sementara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa peringkat 14. 

Budi Utama yang saat itu belum genap 3 bulan memimpin Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosPMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) harus menerima dengan lapang bahwa dinas yang akan dipimpinnya masuk zona degradasi.

Kiprah Budi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimulai pada tanggal 02 Juni 2021, dirinya dilantik menjadi Kepala DinsosPMD setelah munculnya Peraturan Gubernur nomor 6 tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menggabungkan Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Berawal dari zona degradasi, Budi Utama bertekad untuk membawa perubahan pada DinsosPMD, Hambatan dan rintangan tetap ada dalam sebuah kepemimpinan. Purna Praja STPDN ANGKATAN XIII TAHUN 2005 ini yakin melalui proses yang panjang didukung oleh sumber daya yang kompeten maka akan melahirkan hasil yang maksimal.

Dikenal dengan jargon “Belajar di yang Pintar, Berguru di yang Pandai” Budi memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada hingga pada tahun 2022 Budi menerima Rapot Perdana, DinsosPMD menduduki peringkat 8 dalam Rapot Kinerja Perangkat Daerah tahun 2021. 

Berbekal ilmu yang diemban di Jatinangor serta pengalaman di pemerintahan, tahun selanjutnya DinsosPMD meraih peringkat 7 dalam Rapot Kinerja Perangkat Daerah tahun 2022.

Tidak cukup sampai disitu, Belum Genap 3 tahun menjabat, tepat pada hari Senin 01 April 2024, Budi Utama membawa DinsosPMD meraih Peringkat Pertama Rapot Kinerja Perangkat Daerah tahun 2023. 

Bertempat di Aula Gedung Graha Timah, PT. Timah, Tbk Budi Utama menerima langsung Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Safrizal selaku Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Rasa syukur kepada yang maha kuasa dicurahkan Budi Utama pasca menerima penghargaan tersebut, Bertolak dari Graha Timah, Budi Utama langsung menuju Kantor DinsosPMD untuk merayakan kebahagiaan atas prestasi yang diraih bersama seluruh pegawai DinsosPMD.

Sembari mengucapkan terimakasih dari ruangan ke ruangan, Budi mengungkapkan bahwa piagam penghargaan yang didapatkan merupakan buah dari kerjasama tim selama beberapa tahun terakhir.

“Konsistensi dan semangat teman teman DinsosPMD hari ini membuahkan hasil, berdasarkan hasil penilaian 12 indikator. DinsosPMD mendapatkan nilai 82,94,” tuturnya.

Budi menyampaikan bahwa melalui doktrin dan motivasi yang tinggi meyakinkan dirinya bahwa peringkat satu bukanlah hal yang mustahil.

“Berawal dari Visi menjadi Aksi, Dari Zona Degradasi menuju Puncak Prestasi,” pungkas Budi, sambil menunjukkan ekspresi bahagianya.

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *