BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Laju Pertumbuhan Ekonomi Babel Melambat, Safrizal ZA Beberkan Berbagai Solusi Perbaikan

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Laju pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep.Babel) di Triwulan pertama tahun 2024 kembali mengalami pelambatan apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Diketahui, berdasarkan rilis BPS, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Prov. Kep. Bangka Belitung triwulan I 2024 tumbuh 1,01% (yoy), lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 4,00% (yoy).

Ketika diwawancarai Senin (13/05/2024), Pejabat (Pj) Gubernur Babel, Safrizal Zakaria Ali mengakui, bahwa hal tersebut telah diprediksikan akan terjadi.

Pasalnya, menurut Safrizal, tak ada pergerakan Ekspor khususnya di sektor pertimahan. Selain itu, untuk impor juga mengalami hal serupa bahkan dinilai masih minus dari telah ditargetkan.

“Memang ini sudah kita sudah prediksi yah, terutama Januari dan Februari, bahkan ekspor kita 0 dari timah, kemudian impor kita juga minus terutama pada barang-barang pengolahan jadi akibatnya pertumbuhan ekonomi kita menurun,” beber Safrizal.

“Kita terbantu dari sektor pertanian dan sektor barang dan jasa secara overall month-to-month kita juga turun tajam,” sambungnya lagi.

Dalam mengatasi persoalan tersebut, Safrizal ZA membeberkan, bahwa pemerintah provinsi telah menyiapkan berbagai solusi guna mengatasi hal-hal tersebut seperti mendorong sektor UMKM dan lain-lain.

“Solusinya kita terus dorong sektor UMKM, sektor pertanian kita, dorong sektor perikanan kelautan karna ini tadi yang membantu menyumbangkan ekspor bagi Babel. Kita memang tertekan dari sektor pertambangan dan industri pengolahan pertambangannya,” terangnya.

Dirinya juga berharap, dari solusi yang direncanakan itu nantinya dapat menghidupkan kembali perekenomian Babel di periode-periode selanjutnya.

“Mudah-mudahan dengan perbaikan tata kelola, yang legal terus berputar sehingga sektor perekonomian kita bisa rebound kembali dan kita harapkan tidak terlalu lama tertekan seperti ini dan perbaikan yang harus kita lakukan,” tutup Safrizal ZA.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *