BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Lalu Lintas Kapal di Pelabuhan Pangkalbalam Kembali Normal

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dishub Babel) menyebut kapal yang sempat kandas di perairan menuju Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang beberapa waktu lalu berhasil dievakuasi. Saat ini arus lalu lintas kapal di kawasan itu kembali lancar.

“Itu juru pandu kita ada itu untuk kepentingan pertalite dan pertamax Pertamina, rupanya air surut dilempar angin ke samping, tapi sore sudah pasang sudah naik (air laut),” kata Kadishub Babel, Asban Haris, ketika diwawancarai laman media ini, Selasa (14/5/2024).

Menurut dia, pelabuhan di Pangkalbalam Pangkalpinang sangat mengandalkan kondisi pasang surut air laut untuk pergerakan kapal.

“Di kita ini mengandalkan pasang surut, kapal kemarin hanya nunggu air pasang aja. Sekarang lah lancar, ketersediaan BBM kita aman,” ucapnya.

Namun demikian kedepannya, lanjut dia, mau tidak mau Pulau Bangka mengandalkan pelabuhan Belinyu, sebab di sana tidak terlalu mengandalkan pasang surut.

“Tapi kita Alhamdulillah walaupun mengandalkan pasang surut berjalan lancar tidak ada masalah. Kapal kemarin tetap ada dibantu didorong, digerak oleh kapal,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pada Kamis (9/5/2024) Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Pangkalpinang menerima informasi kejadian kapal yang mengalami kandas di perairan Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. Kapal Kargo KM Alken Pesona dengan muatan Kargo milik PT. BJL sebelumnya pada 5 Mei 2024 pukul 03.30. bergerak membawa muatan kargo memasuki alur Pelabuhan Pangkalbalam. 

Kepala Kansar Pangkalpinang, I Made Oka mengatakan setelah menerima informasi kejadian tersebut, sinyal radio pelabuhan (SROP) Pangkalbalam meneruskan informasi tersebut ke kansar pangkalpinang untuk meminta bantuan guna menjaga keselamatan ABK dari KM Alken Pesona dan TB Momentum 07 yang direncanakan akan ditarik oleh TB Betrans.

Kansar Pangkalpinang yang didukung unsur tim sar gabungan melakukan koordinasi bersama di Kantor KSOP Pangkalbalam serta merencanakan pergerakan pengamanan menuju LKP Kapal kandas pada pukul 16.18 WIB.

“Setelah tiba di lokasi kejadian perkara (LKP), Tim Sar Gabungan segera melakukan pengecekan kondisi dan kesehatan ABK pada KM Alken pesona yang berjumlah 14 orang dan ABK TB Momentum 07 yang berjumlah 10 orang,” ucap Oka.

Sumber foto : Humas Polri/Polda Babel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *