Razia Blok Tahanan, Selain Pisau Tim Gabungan Tak Temukan Barang Terlarang di Lapas Narkotika

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Tim gabungan Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Babel bersama BNNP Babel menggeledah blok hunian Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di lapas narkotika kelas IIA Pangkalpinang.

Adapun dalam penggeledahan ini, Handphone serta Narkotika menjadi target utama dan sasaran operasi bersih-bersih yang dilakukan tim gabungan.

Kepala Divisi Permasyarakatan Kemenkumham Babel Agus Irianto mengatakan, bahwa giat ini merupakan rangkaian hari bhakti permasyarakatan ke-58.

“Terutama Handphone dan Narkotika, dan yang lain sebagainya, memang barang itu dilarang, tidak dibenarkan oleh kita untuk masuk kedalam,” kata Kadiv PAS usai melaksanakan kegiatan, Kamis (21/04/2022).

“Nah ini kami dengan Kepala BNNP Babel sama Kabid Berantas bersama semua rekan-rekan BNNP dan BNNK melakukan kerjasama yang memang ini sudah ada intruksi nya untuk bekerjasama dalam pencegahan pemberantasan Narkotika didalam Lapas,” sambung Agus Irianto.

Dalam operasi tersebut juga tidak ditemukan benda-benda terlarang yang menjadi sasaran utama seperti Handphone dan Narkotika, akan tetapi barang terlarang lainnya seperti korek api, pasta gigi, kaleng rokok, botol parfum, hingga karter disita oleh petugas.

“Alhamdulillah hari ini nggak ada Narkoba kita dapatkan, yang di kwatirkan ini kayak pisau itu, takutnya kalau ada apa-apa didalam kan dipakai senjata itu membahayakan juga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNNP Bangka Belitung Brigjen MZ Muttaqin menjelaskan, selain dalam rangka hari permasyarakatan,  hal ini merupakan sinergitas untuk melakukan deteksi dini agar mengeleminir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di dalam lapas.

“Dimana penggeledahan kita lakukan beberapa blok disampel kita bisa lihat sama-sama ada berapa barang-barang yang tidak boleh masuk kedalamn (lapas-red), Alhamdulillah berkat solidaritas kita dapat beberapa barang yang di ambil dari beberapa blok, seperti kita lihat ada senjata tajam, ada sikat gigi yang diruncingkan dan beberapa korek api, dan berbagai logam lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga melakukan cek urine kepada 50 warga binaan yang mencurigakan.

“Alhamdulillah dan semuanya negatif, bulan Ramadhan penuh Rahmat saya apresiasi untuk jajaran Lapas Narkotika yang dipimpin Pak Sugeng, Bravo,” pungkas Kepala BNNP Bangka Belitung.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.