Bentuk Karakter Petugas Pemasyarakatan, Kemenkumham Babel Lakukan Pembinaan Fisik Mental Kepada CPNS 2022

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dalam rangka membentuk karakter petugas pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung melalui Divisi Pemasyarakatan melakukan pembinaan fisik mental dan disiplin kepada 30 orang CPNS yang diterima pada tahun 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (11/10/2022). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah, T. Daniel L. Tobing didampingi Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan, Itun Wardatul Hamro, serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (UPT).

Dalam pembukaannya, Kakanwil Daniel Tobing menyampaikan kepada seluruh peserta pembinaan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Beliau juga menyampaikan agar seluruh peserta FMD dapat terus semangat dan bersaing dengan sehat.

“Kalian adalah para generasi muda yang akan menggantikan posisi kami menjalankan roda pemerintahan,” ucapnya.

Selanjutnya dilakukan penyampaian materi tentang kedisiplinan oleh Kepala Kantor Wilayah berdasarkan Peraturan Pemerintah 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang menjelaskan mengenai Kewajiban yang harus dilakukan PNS berserta dengan larangan-larangannya.

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan kepada para peserta FMD untuk selalu menjaga kesehatan, terus berolahraga serta memberikan kontribusi yang terbaik kepada Kementerian Hukum dan HAM.

“Jangan pernah mau menerima pungli apalagi membawa masuk narkoba kedalam lapas, hidupilah diri kalian dengan hal-hal yang baik,” pungkas Kakanwil.

Pada kesempatan selanjutnya dilakukan penyampaian materi mengenai Visi, Misi dan Tata Nilai Kementerian Hukum dan HAM oleh Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Itun Wardatul Hamro.

Dalam pemaparannya, beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk menjadi PNS yang tangguh, PNS yang bisa menghadapi segala tantangan.

“Di perjalanan kita dalam bekerja nanti pasti kita menemukan banyak masalah bahkan yang membuat kita hampir menyerah, namun percayalah kita pasti bisa menyelesaikan masalah itu, jangan jadikan masalah sebagai hambatan untuk kita maju, namun jadikan itu sebagai tantangan untuk menjadikan diri kita menjadi lebih baik,” pesan Itun.

Beliau juga menceritakan pengalaman hidupnya selama menjadi petugas pemasyarakatan hingga menjadi Kepala Divisi Administrasi, dimana dalam ceritanya banyak sekali inspirasi yang dapat dipetik dan dijadikan motivasi. Beliau berhadap seluruh peserta CPNS 2022 ini dapat menjadi pribadi yang baik, pribadi yang tangguh, pribadi yang memiliki kompetensi tinggi, pribadi yang berintegritas dan memberikan kontibusi positif bagi Kementerian Hukum dan HAM.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) yang dipimpin oleh satuan Brimob sebagai instruktur, kemudian pemaparan materi mengenai Pemasyarakatan yang disampaikan oleh Kepala Lapas Narkotika Pangkalpinang, Sugeng Hardono dan Kepala LPKA Pangkalpinang, Nanang Rukmana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *