BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Pelabuhan Pangkal Balam Tambah Unit Kapal Jelang Mudik Lebaran

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Antusiasme masyarakat dalam melaksanakan mudik jelang perayaan hari raya Idul Fitri nampaknya tidak perlu diragukan lagi.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi Kelonjakan penumpang pada arus mudik hari besar keagamaan tersebut, pihak Pelabuhan Pangkalbalam akan menambah unit kapal.

Demikian hal ini disampaikan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Pangkalpinang melalui Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan (Lala & Uspel), Dhanur kepada media ini, Senin (03/03/2023).

“Untuk peningkatan pelayanan, di pelabuhan pangkal balam sudah menambah satu unit armada kapal roro KM Sewindu dan sudah beroperasi,” ucap Dhanur.

Kendati demikian, dikatakan Dhanur, bahwa saat ini, untuk Pelabuhan Pangkalbalam sudah ada tujuh kapal Roro dan satu kapal penumpang yang sudah beroperasi.

Sedangkan, untuk di Pelabuhan Belinyu ada dua kapal penumpang yang beroperasi, dimana salah satunya yakni kapal tol laut sabuk Nusantara 48.

Selain itu, menjelang lebaran idul Fitri ini, pihak KSOP juga telah melakukan uji kelayakan kapal, sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Kementerian Perhubungan RI.

“Ini dari kita sudah melakukan uji layak terhadap kapal – kapal penumpang angleb 1444 H tahun 2023 di pelabuhan pangkal balam berdasar instruksi DJPL nomor IR-DJPL I tahun 2023,” jelas Dhanur.

Akan tetapi, terkhusus untuk kapal express bahari, pihaknya belum dapat memastikan ada atau tidaknya penambahan jadwal keberangkatan kapal menjelang hari raya bagi umat Islam tersebut.

“Untuk express bahari sampai saat ini kami belum mendapat ada atau tidaknya penambahan jadwal. Nanti kami segera infokan lebih lanjut kalo sudah dapat kejelasan,” tutupnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *