BeritaDaerahNasional

PT Timah Tbk Bersama BPJS Karimun Sosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan kepada Nelayan Se-Kecamatan Kundur Barat

Bagikan Berita

KUNDURBARAT,BERITACMM.COM

Untuk mendukung program perlindungan jaminan sosial bagi kelompok nelayan, PT Timah Tbk kembali memberikan bantuan BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan di Kundur. 

Hal ini diawali dengan sosialisasi tentang manfaat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Karimun, sosialisasi ini juga diikuti oleh perwakilan nelayan se-Kecamatan Kundur di gedung serba guna Kecamatan Kundur Barat, pada Rabu (13/09/2023). 

Sebelumnya di Pulau Bangka yang merupakan wilayah operasional perusahaan, PT Timah Tbk juga telah menyerahkan ribuan pegawai BPJS untuk nelayan. 

Anggota holding industri pertambangan MIND ID ini menyadari pentingnya perlindungan sosial bagi kelompok nelayan. Karena bencana bisa datang kapan saja, keberadaan BPJS Ketenagakerjaan setidaknya bisa membantu para nelayan jika mengalami musibah saat bekerja. 

Ketua Nelayan Kecamatan Kundur Barat Ahmad mengaku sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan PT Timah sehingga nelayan mendapat pengetahuan terkait asuransi kecelakaan kerja. 

“Saya atas nama para nelayan mengucapkan terima kasih kepada PT Timah yang telah mengadakan kegiatan ini. Dengan sosialisasi ini masyarakat khususnya nelayan dapat mengetahui lebih jauh manfaat BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya. 

Senada, Azman, seorang nelayan asal Desa Sawang Laut, mengatakan dengan adanya sosialisasi seperti ini ia bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai manfaat BPJS Ketenagakerjaan. 

“Setelah paham, dalam waktu dekat saya akan mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Program seperti ini sangat bermanfaat,” ujarnya.

Sementara itu, Sri Nuryanti, perwakilan BPJS Kabupaten Karimun menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya diperuntukkan bagi pekerja formal saja. Namun bagi seluruh masyarakat Indonesia yang sudah memiliki pekerjaan seperti nelayan.

“BPJS Ketenagakerjaan diperlukan jika kita mengalami kecelakaan kerja dan membutuhkan biaya, BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung biaya pengobatannya sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapatkan pengobatan,” jelasnya.

Ia berharap setelah masyarakat nelayan mengikuti sosialisasi ini dapat menularkannya kepada nelayan lainnya sehingga mendapatkan pengetahuan dan informasi yang benar.

“Terima kasih PT Timah Tbk yang telah melakukan sosialisasi. Diharapkan semakin banyak masyarakat dan nelayan yang lebih peduli terhadap keselamatan kerja dengan menyiapkan jaminan keselamatan kerja yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kundur Barat Yusufian dalam kesempatan ini mewakili masyarakat dan juga Kecamatan Kundur Barat menyampaikan apresiasi kepada PT Timah yang kembali memberikan perhatian dan kepedulian terhadap keselamatan kerja.

“Saat ini tidak semua nelayan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sehingga jika terjadi bencana selalu kebingungan dalam memberikan biaya pengobatan. Harapannya dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat menumbuhkan kesadaran dan minat masyarakat khususnya nelayan untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan. Program untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan di kemudian hari,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *