DaerahBeritaEkonomi BisnisNasional

DKPUS Babel Gelar Festrip 2023, Bakal Hadirkan Banyak Perlombaan Hingga Pameran Bagi Masyarakat 

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Dalam rangka memperingati HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ke 23, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Kepulauan Babel bakal menggelar Festival Literasi dan Arsip (Festrip) 2023.

Diketahui, kegiatan ini akan dilaksanakan 30 November sampai dengan 2 Desember 2023 dan akan berlangsung di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang.

Dalam Festrip 2023 ini juga bakal banyak perlombaan yang bakal disuguhkan, seperti lomba mewarnai anak TK, Lomba baca puisi untuk anak SD, lomba bercerita bahasa daerah tingkat SMA, Lomba cipta jingle perpustakaan, lomba story telling bahasa inggris tingkat SMP, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, untuk semakin menyemarakan Festrip 2023 ini, DKPUS Babel juga telah menyiadakan booth/tenda yang nantinya bakal diisi oleh para UMKM.

Selaku Ketua Panitia Festrip 2023, Fatur mengungkapkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca literasi masyarakat Babel.

Disisi lain, kegiatan ini juga diharapkan menjadi wadah sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat terkait Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) atau sebuah perpustakaan yang bersifat ‘terjun langsung’ kepada masyarakat.

“Jadi fokusnya disitu, jadi Perpustakaan tidak hanya sekedar menjual atau menaruh buku untuk membaca tapi lebih ke lapangan untuk menjelaskan program-program pemerintah,” jelas Fatur kepada laman media ini, Senin (27/11/2023).

Diterangkan Fatur, DKPUS Babel juga bakal menghadirkan pameran arsip pada Festrip 2023. Hal ini untuk mengingatkan masyarakat kembali bagaimana Bangka Belitung dapat terbentuk menjadi sebuah provinsi.

“Khusus dalam pameran arsip karna tentu kita harus mengingat sejarah Babel dimulai dari tahun 2000, untuk mengingatkan masyarakat kembali tentunya,” terang ASN DKPUS Babel ini.

Lanjut dia, untuk semakin memeriahkan Festrip 2023, pihaknya akan mendatangkan artis dari ‘ibukota’ untuk semakin menggelorakan kegiatan tersebut pada malam penutupan kegiatan nanti.

“Setiap malam kita nanti juga bakal ada hiburan, namun khusus malam penutupan nanti kita bakal menghadirkan penyanyi Kiki KDI dan Yuli Akademi. Kita ada juga bazar UMKM untuk memeriahkan, memanjakan lidah masyarakat serta membantu UMKM yang ada saat ini,” pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kegiatan serta persyaratan lomba-lomba yang bakal dipertandingkan, masyarakat dapat menghubungi nomor: 0852-7675-1216 Uli Arta (koordinator).

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *