BeritaDaerahKesehatanNasional

Covid ‘Mengintai’, Dinkes Himbau Penderita Gejala Influenza Gunakan Masker Saat Beraktivitas

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Kementerian Kesehatan sebelumnya telah menginformasikan bahwa kasus Covid-19 kembali merebak dalam beberapa waktu terakhir.

Bahkan, dalam catatan Kemenkes, kasus aktif Covid-19 periode 6-19 Desember berjumlah 2.548 kasus dan kasus mingguan meningkat 243 persen.

Kendati begitu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Andri Nurtito mengakui, bahwa kasus Covid-19 di wilayah Negeri Serumpun Sebalai tidak ada kenaikan yang begitu signifikan.

Namun, untuk mencegah meluasnya peredaran Covid-19 di Babel, dirinya menghimbau, kepada masyarkat yang sedang sakit khususnya yang memiliki gelaja Covid-19 seperti Influenza, sakit tenggorokan agar dapat mengistrihatkan diri terlebih dahulu atau menggunkan masker apabila ingin beraktivitas.

“Kepada yang punya gejala mirip-mirip influenza itu untuk membatasi kegiatan, memakai masker, menjaga jarak, jadi khusus kepada yang sakit dulu kalo bisa tidak beraktivitas ditempat keramaian bagi yang sakit, bagi yang punya gejala mirip influenza,” imbuh Andri, saat ditemui laman media ini, Rabu (27/12/2023).

Sementara itu, mengenainya muncul varian baru virus corona dengan varian JN.1 yang merupakan sublineage dari BA.2.86 di Indonesia. Andri mengatakan, bahwa saat ini di Babel juga belum ditemukan kasus covid dengan varian tersebut.

“Varian baru belum ada (ditemukan di Babel), varian baru ini gejalanya ringan, cukup isolasi mandiri,” ucapnya.

Seperti dilaporkan Reuters, Covid JN.1 bisa menghindari sistem kekebalan dan menularkan lebih mudah dibanding varian lain yang beredar saat ini. Namun JN.1 belum menunjukkan tanda-tanda penyakit yang lebih parah.

Saat ini, JN.1 mengakibatkan banyak kasus Covid-19 terutama di AS. CDC AS menyebut pada 8 Desember 2023, JN.1 menyumbang sekitar 15-29% kasus.

Lebih lanjut, Andri juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan guna terhidar dari segala macam penyakit yang saat ini mengintai.

“Jaga kesehatan, meningkatakn daya tahan tubuh, makanan bergizi, cukup istirahat kalo yang belum vaksinasi juga harus vaksinasi,” tutupnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *