BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Inisiatif PT Timah Dalam Mendukung Berbagai Sektor, Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

PT Timah berinovasi dan bermitra untuk mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Melalui program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), PT Timah konsisten mendorong pengembangan UMKM di wilayah operasional perusahaan. Program PUMK yang dilakukan PT Timah memberikan semangat kepada para pelaku UMKM dari berbagai sektor.

Sebagai anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Timah memfasilitasi para pelaku UMKM di berbagai sektor seperti perdagangan, jasa, pertanian, perikanan, ekonomi kreatif, peternakan, dan properti untuk mengakses pendanaan.

Sejak tahun 2000, program PUMK yang dilakukan PT Timah telah mendukung pengembangan ribuan pelaku UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kepulauan Riau, dan nasional.

Program PUMK membantu pengembangan UMKM secara terpadu, mulai dari pendanaan, pelatihan, pembinaan, hingga pemasaran produk UMKM. Hal ini merupakan langkah yang dilakukan perusahaan untuk melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM di wilayah operasional perusahaan.

Keterlibatan PT Timah dalam peningkatan kapasitas UMKM memungkinkan mereka tumbuh dan bersaing dengan lebih efektif. Pada tahun 2023, sebanyak 22 orang mitra binaan PT Timah naik satu kelas.

PT Timah juga mendorong peningkatan kemampuan mitra binaan melalui workshop, pelatihan, dan pendampingan agar UMKM dapat memahami praktik terbaik dalam pengelolaan bisnis, keuangan, dan pemasaran.

Banyak pelaku UMKM yang merasakan manfaat dari program PUMK PT Timah, sehingga mampu mengembangkan usahanya bahkan menambah lapangan kerja.

Seperti yang diungkapkan Rizal, warga Rintis Gang Kemiri, Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, yang mampu mengembangkan usaha jasa laundry memanfaatkan modal program PUMK PT Timah.

“Alhamdulillah dengan adanya pinjaman modal dari PT Timah, kami bisa membuka cabang laundry di tempat lain. Hal ini memungkinkan kami untuk memperluas basis pelanggan dan juga mengembangkan bisnis kami,” ujarnya.

Senada, Siti Nurhasanah, warga Kota Pangkalpinang, mengatakan berkat dukungan program PUMK PT Timah, ia bisa menyelesaikan pembangunan usaha rumah sewanya.

“Dengan pinjaman modal program PT Timah PUMK, saya juga bisa menyelesaikan pembangunan rumah sewa. Mudah-mudahan bisa terus berlanjut karena akan memudahkan pelaku usaha lain untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Program PUMK PT Timah Tbk juga membantu Iyan Wahyudi (50) dalam mengembangkan usaha peternakan sayuran dan memulai usaha peternakan ayam. Ia kini bahkan mampu menyuplai ayam untuk industri rumah tangga.

“Saya awalnya meminjam modal untuk mengembangkan usaha peternakan sayur. Alhamdulillah setelah mendapat pendanaan dari PT Timah Tbk, usahanya berkembang pesat, termasuk merambah ke usaha peternakan ayam baru,” ujarnya.

Di Pulau Belitung, program PUMK yang dilakukan PT Timah juga dirasakan oleh Ira Afriliana yang mampu menghidupkan kembali usahanya dengan dukungan dana dari PT Timah.

Sebagai perajin batik, ia berharap PT Timah Tbk dapat terus membantu UMKM seperti miliknya mengembangkan usahanya.

“Kami berharap PT Timah Tbk rutin mengadakan acara di Belitung Timur karena memberikan dampak positif yang signifikan bagi UMKM,” ujarnya.

PT Timah percaya bahwa melalui kemitraan yang kuat, pemberdayaan, dan transfer pengetahuan, para pelaku UMKM dapat berperan sebagai agen perubahan yang positif untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *