BeritaDaerahNasionalPemerintahan

KPU Babel Matangkan Persiapan Tahapan Pilkada 2024

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota tahun 2024, berlangsung di Pangkalpinang, Senin (29/4/2024).

Ketua KPU Provinsi Babel, Husin mengatakan, bahwa sosialisasi PKPU nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal ini setidaknya ada dua agenda, pertama persiapan dan kedua penyelenggaraan. 

“Sudah ditetapkan Pilkada gubernur bupati dan wali kota dilakukan 27 November 2024. Untuk menuju proses itu salah satu kegiatan yakni hari ini,” kata Husin.

Untuk persiapan yang telah dilakukan, lanjut Husin, KPU provinsi dan kabupaten kota sudah melakukan sosialisasi.

Disamping itu, pihaknya juga kini sudah mulai membuka pembentukan badan adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilanjutkan dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Persiapan lain sembari menunggu pemerintah menyampaikan jumlah penduduk, nanti kita lakukan pendataan penduduk untuk pemutahiran data pemilih untuk dilakukan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT),” tuturnya.

Sementara dalam proses penyelenggaraan, KPU provinsi dan kabupaten kota juga sedang melakukan persiapan. Dalam hal ini ada dua cara bagi masyarakat ingin mencalonkan sebagai gubernur, bupati dan walikota yakni jalur perseorangan dan diajukan partai politik. 

“Perseorangan kita kita sudah melakukan proses, besok kita Bimtek dengan kabupaten kota terkait persiapan kita melayani bagi peserta seperti Dewan Perwakilan Daerah (DPD) vermin dan verivikasi faktual. Ketika memenuhi nanti ditetapkan memenuhi syarat otomatis bersama calon yang diajukan parpol mereka bisa melakukan mengajukan calon kepala daerah,” ucapnya.

Lanjut dia, tujuan kegiatan ini untuk memberiahukan kepada masyarakat luas bahwa semangat Pemilu 2024 kembali digemparkan dan digerakkan untuk pilkada serentak mendatang. Dengan demikian harapannya semakin kuat perhatian, maka akan tumbuh tanggung jawab dan partisipasi masyarakat Babel. 

“Ini Pilkada penting bagi rakyat maka penting bagi rakyat untuk memperhatikan dan  partisipasi masyarakat Babel untuk memilih pemimpin. Kalau masyarakat ingin maju inilah kesempatan rakyat Babel bersama mengontrol dan berpartisipasi untuk pelaksanaan pilkada agar dilakukan KPU bisa menghasilkan Pemimpin terbaik untuk Babel,” pungkasnya.

(JK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *