1630 Peserta Ikuti Tahapan Test Kesehatan Penerimaan Bintara Polri, Karo SDM Ungkapkan Adanya Perbedaan Seleksi Pada Tahun Ini

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Polda Kepualauan Bangka Belitung kembali melanjutkan test penerimaan bintara polri untuk tahun 2022, yang berlangsung di Gedung Tribrata Mapolda Babel, Senin (18/04/2022).

Sebelumnya, telah dilaksanakan test administrasi yang diikuti 1855 peserta yang tersebar di 7 Polres se-Babel, dimana pada tahapan seleksi ini sebanyak 225 peserta dinyatakan gagal.

Sedangkan 1630 peserta yang terdiri dari 1375 pria dan 255 wanita yang berhasil lolos pada tahap administrasi, kembali melanjutkan tahapan test kesehatan yang dijadwalkan berlangsung pada hari ini hingga 28 April 2022 nanti, dan akan dilanjutkan kembali test kesehatan tersebut pada usai lebaran, tepatnya 7 Mei-9 Mei 2022.

“Kami Kepolisian Babel kembali melaksanakan seleksi tahapan yang awal dari bintara, saat ini sudah tahap seleksi kesehatan. Yang di jadwalkan sampai selesai lebaran nanti,” ujar selaku Karo SDM Polda Babel, Kombes Pol Philemon Ginting saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (18/04/2022).

“Sekalian untuk Akpol sudah masuk tahap pendaftaran sampai saat ini, kami sampaikan juga bahwa seleksi ini terbuka, siap untuk diawasi, kami harapkan seluruh peserta dan kami harapkan orangtua peserta juga dan semua turut mengawasi, jangan percaya ada orang yang bisa membantu, Karna lulus ditentukan berdasarkan kemampuan sendri,” tegasnya.

Kombes Pol Philemon Ginting juga meminta para peserta untuk tidak percaya begitu saja jika ada oknum yang mengatakan dapat membantu meloloskan sebagai anggota bintara polri.

Jikapun nanti, para peserta merasa ada yang dicurangi dalam proses tahapan test itu, agar dapat melaporkan ke pihaknya yang menaungi permasalahan tersebut.

“Jangan percaya kalo dibilang ada yang membantu, kita harapkan pelaksanan ini, mudah-mudahan tidak ada yang menciderai hal ini karna kita semuanya objektif, transparan, akuntabel, dan humanis,” tuturnya.

“Kalo ada merasa yang tidak adil, dicurangi apalagi pungli, silakan adukan ke kita karna hal ini gratis dan tanpa dipungut biaya,” sambung Karo SDM Polda Babel.

Lebih lanjut, Kombes Pol Philemon Ginting juga mengungkapkan adanya beberapa perbedaan pada tahapan seleksi penerimaan bintara polri tahun ini  tahun sebelumnya.

Dijelaskannya, Untuk tahun ini pihaknya  tetap akan mengakomodir pelaksanaan ujian jika peserta sedang ada ujian lainnya, kecuali pada tahapan akedemik, lantaran hal ini menggunakan sistem online.

Selain itu, jika pada tahun lalu peserta terkena covid tak diperkenankan melanjutkan tahapan seleksi, pada tahun ini sebagai bentuk tolerin terhadap peserta, pihak polda akan tetap memperkenankan selama batas waktu test tersebut belum usai dan terakhir, pemberlakuan face organization pada saat mulai administrasi hingga ujian.

“karna di beberapa polda ditemukan saat mekanisme online ini adanya mode perjokian, jadi yang ngikut itu bukan peserta tapi orang lain. Jadi sebelum dia masuk, kita sudah cek dulu orangnya, jadi tidak ada lagi ruang yang bisa untuk bermain untuk hal-hal tersebut,” pungkas Karo SDM Polda Babel.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.