BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Warnai HUT ke-77 TNI, Makorem 045 Gaya Gelar Gerakan Reboisasi Lahan Kritis di Lokasi Ex Tambang

Bagikan Berita

Bangka,BERITACMM.com

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-77 tahun 2022 TNI di wilayah Bangka Belitung, dilaksanakan gerakan Reboisasi lahat kritis dan Tabur Benih Ikan secara serentak di Bedukang Sungai Liat, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama komponen Pemerintah, masyarakat, swasta dan instansi pemerintahan dan pemerhati lingkungan, dalam mendukung Program Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sejalan dengan Tema Hijau Biru Babelku Bersatu Padu Menjaga Lingkungan.

Gerakan Reboisasi ini di buka oleh Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI Ujang Darwis,MDA di lokasi lahan kritis ex tambang seluas 4,6 Hektar di Dusun Bedukang Desa Deniang Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka, Senin (03/10/2022).

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan bahwa Gerakan Reboisasi Lahan Kritis dan penaburan benih ikan dilahan eks tambang dalam rangka HUT ke 77 TNI tahun ini merupakan wujud semangat seluruh kesatuan TNI diwilayah Bangka Belitung.

Ia juga menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai dukungan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Program “Hijau Biru Babelku”.

Selain itu, hal ini guna menumbuhkan kepedulian para prajurit beserta segenap stakeholder dan masyarakat Bangka Belitung terhadap kelestarian dan keasrian lingkungan alam disekitar.

Lebih lanjut, Komandan Korem mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  PJ.Gubernur yang telah menginspirasi gerakan restorasi alam tersebut, terimakasih juga kami sampaikan kepada kementerian Lingkungan Hidup melalui BPDAS dan BPKH yang telah mendukung pemenuhan bibit untuk di tanam di lokasi ini.

“Terima kasih kepada PT.Pupuk Indonesia yang telah mendukung kebutuhan pupuk, PLN UIW Babel yang mendorong pemanfaatan Faba sebagai treatmen air kolong dan seluruh komponen yang telah membantu tergelarnya kegiatan ini,” ucap Danrem.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat Bangka Belitung, untuk membangun tekad bersama, melestarikan dan menyelamatkan lingkungan hidup melalui kegiatan penanaman pohon 2500 bibit dan penaburan 5000  bibit ikan dilokasi Eks tambang ini.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan momentum penggerak untuk dilaksanakan diseluruh wilayah pulau Bangka maupun Belitung dengan melibatkan seluruh jajaran TNI, Pemerintah dan Swasta serta pelaku usaha selaras dengan Tema HUT ke 77 TNI tahun ini yaitu TNI adalah Kita,” ungkapnya.

“Kami juga memohon Doa restu kepada seluruh komponen bangsa agar dalam ulang tahun yang ke 77 ini, TNI selalu dapat hadir ditengah masyarakat dengan segala manfaat yang dapat kami berikan untuk bangsa dan negara,” pungkas Ujang.

Kegiatan yang di laksanakan antara lain penyerahan bibit tanaman oleh Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Perwakilan instansi oeh Danrem bersama Forkopimda dilanjutkan penanaman pohon dan penaburan benih ikan oleh Forkopimda dan seluruh undangan yang hadir.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *