BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Peserta Job Fair 2023 Membludak, Pusat Tenaga Kerja Beri ‘Acungan Jempol’

Bagikan Berita

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Job Fair 2023 yang di inisiasi oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah resmi dibuka.

Kegiatan yang hanya berlaku selama satu hari ini, dibuka langsung oleh Pj Gubernur Babel diwakili oleh Asisten III Setda Pemprov Babel Yunan Helmi, di Kantor BLKI Disnaker Babel, Kamis (30/11/2023).

Dalam kegiatan ini, nampak Antusiasme masyarakat para pencari kerja begitu luar biasa, hal ini dibuktikan dengan membludaknya para peserta yang rela menunggu sedari pagi bahkan hingga kegiatan belum dibuka.

Diketahui pula, pada Job Fair 2023 ini, ada 44 perusahaan yang berpartisipasi, dengan total ketersediaan lowongan pekerjaan mencapai 667 lowongan pekerjaan.

Ketika diwawancarai awak media, Yunan Helmi mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan Job Fair tersebut. Terlebih lagi, kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam menjembatani para pencari kerja dan penyedia lowongan pekerjaan.

“Tentu kita sangat bahagia, bangga dengan kawan-kawan, artinya kita sudah memberikan semangat kepada adik-adik kita yang siap untuk mencari kerja,” kata Yunan, usai meninjau stand-stand perusahaan.

Dirinya juga berharap, melalui kegiatan ini  dapat mengurangi angka pengangguran di Babel. Sehingga nantinya dapat menjadi penentu dalam meningkatnya perekonomian yang ada di Babel.

“Saya rasa Job Fair ini suatu langkah yang positif, dan ini harus sering dilakukan, dimana kita harap nantinya dapat meningkatkan perekonomian yang ada di Bangka Belitung,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Disnaker Babel Elius Gani menerangkan, bahwa kedepan pihaknya juga bakal mengeluarkan terobosan-terobosan lain guna mengurangi angka pengangguran yang ada saat ini.

Bahkan saat ini juga, lanjut Elius, telah ada beberapa program yang berjalan untuk memberikan ilmu agar para masyarakat dapat bersaing didunia kerja, seperti pelatihan hingga peningkatan kompetensi.

“Untuk memberikan kesempatan kerja ini tidak hanya di Job Fair, jadi program kita di Dinas Tenaga Kerja ditujukan untuk memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi para pencari kerja. Seperti yang kawan-kawan lihat hari ini, ini kurang lebih sudah kita buka 10 kelas pelatihan, seperti kelas digilat forenthing, menjahit, perbaikan AC (teknisi) dan banyak lainnya,” jelas Elius.

Sementara itu, Pusat Tenaga Kerja Kemnaker RI, Ema Prihatini turut mengapresiasi pelaksanaan Job Fair yang diinisiasi oleh Dinas Tenaga Kerja Pemprov Bangka Belitung.

Menurut Ema, kegiatan seperti Job Fair dapat memberikan manfaat yang begitu besar bagi para pencari kerja. Terlebih dalam mengurangi angka pengangguran yang ada di Babel saat ini.

“Kami harapkan dari kegiatan ini, seperti yang telah disampaikan oleh Pak Kadis bahwa setelah ini akan dipantau terus penempatannya,” pungkas Ema.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *